Hobi Handycraft Menjadi Sebuah Bisnis Sampingan

Usaha Dagang, Bisnis – Hobi setiap orang pasti berbeda-beda dan bahkan bermacam-macam hobi yang di miliki setiap orang. Dari beberapa hobi yang di miliki memiliki bakat yang bisa menguntungkan bagi dirinya sendiri. Bahkan menjadi modal untuk membuka suatu usaha atau bisnis.

Hal nya yang dilakukan seorang Yunita Martha Irine Wirapraja, menjalankan bisnis nya dari hobi yang dia miliki yaitu membuat kerajinan tangan atau handycraft yang di tularkan oleh mendiang sang mama tercinta. Ia membuat costom mahar pernikahan dan sewa backdrop untuk berbagai acara seperti lamaran, pernikahan, pesta ulang tahun dan sebagainya. Berawal dari ia duduk di bangku kuliah semester akhir, ia nekat dengan modal kecil yang ia punya memberanikan diri untuk menjual hasil kerajinan tangan yang ia buat seperti buket bunga dari kain, hiasan dinding seperti Scrapframe, mozaik dan siluet. Dari situlah ia mendapat orderan yang cukup banyak dari costomer, dengan hasil yang masih sederhana namun ia yakin yang terpenting orang yang sudah membelinya merasa puas.

Setiap bisnis yang di jalankan pasti memerlukan promosi agar barang jualan berjalan lancar, maka dari itu ia memilih instagram sebagai media utama ia mempromosikan barang jualanya tersebut. Untuk harga jual mahar custom kisaran harga dari Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu ( belum termasuk uang mahar) sedangkan untuk sewa backdrop mulai dari paketan Rp 650 ribu – Rp 950 ribu dengan ada ketentuanya, harga yang di tawarkan juga sudah termasuk jasa pemasangan, paper flower jadi hal milih penyewa dan bagi transport maksimal kurang lebih 10 km (di luar itu biaya menyesuaikan). Yunita tidak hanya menjalankan bisnis nya saja, tetapi ia juga seorang karyawan di salah satu kantor di Indonesia. Bisnis yang ia jalankan hanyalah bisnis sampingan saja namun dengan sungguh-sungguh ia membagi waktu kerja dan bisnis sehingga keduanya berjalan dengan lancar. Dan sekarang bisnis nya sudah membesar bahkan ia lanjut ke bisnis WO (Wedding Organizer). Bisnis sampingan nya sudah menghasilkan omset bersih Rp 3-4 juta per bulannya.