Harga Minyak Dunia Cetak Rekor Melesat 23,8 Persen Dalam Sehari

Usaha Dagang, Dunia – Dikutip dari laman CNBC, Jumat 20/03/2020 harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik tinggi sekitar 23,8 persen atau USD 4,85 menjadi USD 25,22 per barel. Benchmark international, minyak mentah Brent naik 14,4 persen atau USD 3,59 menjadi USD 28,47 per barel.

Kenaikan ini merupakan salah satu bentuk dari menahan penurunan yang sebelumnya mencapai 24,4 persen hingga saat ini menyentuh lavel USD 20,37. Dan saat itu juga menjadi hari terburuk ketiga WTI sepanjang sejarah. Untuk harga minyak tersendiri sebelumnya terjun bebas dikarenakan adanya kekhawatiran perlambatan bisnis di dunia yang pada akhirnya membebani permintaan. Apalagi AS dan Rusia bersiap diri untuk meningkatkan Produksi mereka.

Di tengah ketegangan Arab dan Rusia soal meningkatnya produksi minyak dunia, Presiden AS Donald Trump muncul dan ia mengatakan bisa melakukan intervensi itu namun jelas ini akan berdampak kenaikan harga minyak selanjutnya. Harga minyak naik lebih tinggi terjadi potensi pasar yang luas, salah satunya ialah pengaruh dari China melaporkan tidak ada kasus virus corona baru dan bank sentral di seluruh dunia juga mengumumkan bahwa langkah-langkah stimulus yang bertujuan untuk menahan perlambatan ekonomi yang di sebabkan oleh COVID-19.