Disebut Dengan ‘Buah Surga’ Milenial Ini Tanam Dan Panen Dengan Omzet Puluhan Juta

 

Usaha Dagang, Bisnis – Tepat di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Petani muda ini sukses memanfaatkan tanah kosong di belakang rumahnya untuk menjadi mesin penghasil uang. Dengan modal dan nekad ia mengubah sepetak tanak tersebut menjadi kebun dan persemaian buah tin.

Dede Abdul Halim (31) Petani asal cirebon, Kecamatan Majalaya Karawang. Seorang petani muda yang sukses mengembangkan bisnis bibit tanaman buah tin dan sekaligus pemanen buah tin. Buah tin sendiri merupakan salah satu buah yang banyak di kenal banyak manfaat kesehatan dan buah yang disebut dalam kitab suci Al-Quran. Dede sendiri menyebutkan bahwa bisnis buah tin ini masih prospektif karena tergolong jarang, namun peminat buah tin ini sangat banyak. Makanya dede memilih untuk menggeluti bisnis buah tin ini.

Dalam setiap bulannya ia mendapat orderan paling sedikit seribu bibit batang buah tin, yang harga jualnya yaitu Rp 20 ribu per batang. Ia pun membeberkan bahwa “Saya kirim bibit buah tin ini bisa ke Bandung, Purwakarta, Subang, serta sampai ke lombok” tutur dia. Dede menjual per bibitnya Rp 20 ribu perbatang dan keuntungan yang di dapatkan dede hampir Rp 20 juta perbulan, dan keuntungan nya makin bertambah apabila harga dipasaran sampai Rp 200 hingga 300 ribu per batang.

Untuk merawat bibit nya sendiri tergolong mudah dan tidak merepotkan, hanya perlu di siram dua hari sekali saja dan tidak perlu ribet kata dede.