Berikut Delapan Tips Membuka Bisnis Cafe Yang Menguntungkan

Usaha Dagang, Bisnis – Peluang bisnis di dunia kuliner seakan tidak pernah mati dan akan terus berkembang ada banyak pilihan kuliner bisa dikembangkan sebagai sebuah bisnis yang sangat menjanjikan

Berikut Delapan Tips Membuka Bisnis Cafe Yang Menguntungkan

Salah satunya yang sedang digemari ini adalah membangun Bisnis cafe. Bisnis cafe yang menjamur ini juga banyak disukai oleh pelanggan terutama kalangan anak muda.

Keuntungan Membangun Bisnis Cafe

Perkembangan bisnis cafe di indonesia bisa dibilang sangat pesat Hampir di setiap kota memiliki paling tidak ada satu cafe yang berdiri dan menjadi promadona terutama bagi anak-anak muda di kota tesebut Usaha Cafe memang sangat menggiurkan dari sisi bisnis karena memiliki banyak sekali keuntungan Salah satu di antaranya adalah usaha cafe pemilik pasar yang kuat.

Bisnis cafe seakan tidak pernah surut mengigat cafe banyak peminat dengan harga murah rasa makanan yang lezat dan tempat yang nyaman rasanya banyak sekali anak-anak muda yang datang ke cafe selain itu dalam usaha cafe ini mampu menghasilkan omzet harian yang cukup besar dengan semakin banyak perminatnya.

Tips Membangun Bisnis Cafe

Semakin banyaknya usaha cafe yang berdiri tentu membuat persaingan dalam bisnis ini sangat kuat. Perlu kiat-kiat dan tips-tips yang jitu agar bisa memenangkan persaingan dalam usaha cafe yang memang sedang diminati oleh banyak orang. Namun, dengan tips-tips membangun bisnis cafe berikut ini, bukan tidak mungkin persaingan usaha cafe bisa dimenangkan.

1. Pilih Tempat Ramai dan Nyaman

Tips pertama dalam membangun usaha cafe agar ramai pengunjung adalah dengan menentukan tempat yang strategis dan ramai Lokasi-lokasi yang strategis yang dilewati banyak orang akan membuat orang melihat dan tertarik untuk masuk kedalam cafe sehingga lakukan observasi terhadap lokasi terlebih dahulu sebelum menentukan pembangunan usaha cafe tersebut.

Selain itu, siapkan tempat cafe yang nyaman untuk pengunjung. Tempat yang nyaman akan membuat pengunjung merasa betah sehingga akan datang kembali pada waktu yang lain. Selain itu, coba untuk menghias dengan tema-tema tertentu agar orang semakin tertarik. Desain sebuah cafe juga akan menentukan penilaian pengunjung terhadap cafe tersebut.

2. Siapkan Konsep Lesehan yang Nyaman

Karena kenyamanan adalah kunci utama dalan membangun usaha cafe maka tidak ada salahnya jika menyiapkan konsep lesehan bagi sebagaian orang konsep lesehan ini sangat otentik dan nyaman bagian cafe yang mengusung konsep lesehan ini bisa dipisahkan dengan bagian lain yang mengunakan meja dan kursi.

Konsep lesehan bagi sebagian orang terasa sangat menyenangkan karena orang akan terasa lebih santai. Orang-orang juga bisa tinggal lebih lama ketika berada dalam sebuah tempat yang menyediakan konsep lesehan di dalamnya. Dengan konsep lesehan juga orang akan nyaman untuk tinggal berlama-lama dan berbincang bersama teman.

3. Pilh Perlengkapan Usaha yang Murah dan Menarik

Berikut Delapan Tips Membuka Bisnis Cafe Yang Menguntungkan

Selain menggunakan konsep lesehan, desain interior juga sangat penting dalam penilaian pengunjung terhadap sebuah cafe. Untuk membuat desain interior yang menarik tidak harus dengan menggunakan perlengkapan yang mewah. Namun cukup menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan tema yang ingin diusung oleh cafe. Dengan begitu tidak akan menimbulkan kesan kontras antara tema dengan perlengkapan yang digunakan.

Beberapa tambahan perlengkapan seperti lukisan atau tulisan-tulisan yang berisi quote yang unik dan tentu akan menjadi nilai tambah. Selain itu perlengkapan makan yang digunakan juga menggunakan perlengkapan yang menarik, sehingga orang akan tertarik untuk datang. Desain interior yang cantik juga membuat cafe menjadi instagenic dan diminati oleh anak-anak muda penggiat media sosial.

4. Beli Bahan Baku secara Grosir

Tujuan dari tips yang satu ini adalah untuk menghemat pengeluaran. Caranya adalah dengan membeli bahan baku baik makanan maupun minuman dari pedagang grosir. Pedagang grosir akan memberikan harga yang lebih murah. Selain itu, membeli pada pedagang grosir bisa dilakukan dalam jumlah banyak.

Mengingat usaha cafe akan selalu ramai, maka membeli bahan baku makanan dan minuman dalam jumlah banyak tentu lebih tepat. Sehingga stok bahan baku makanan akan selalu terjaga dan terhindarkan dari kehabisan bahan baku yang berimbas pada tidak terlayaninya keinginan pengunjung cafe. Hal itu karena sebisa mungkin siapkan bahan baku yang cukup agar semua pelanggan dapat terlayani.

5. Buat Menu Makanan yang Lezat dan Otentik

Berikut Delapan Tips Membuka Bisnis Cafe Yang Menguntungkan

Umumnya setiap cafe atau restoran memiliki satu atau dua menu yang menjadi andalan dari tempat tersebut. Menu andalan ini adalah menu-menu yang hanya dijual pada cafe tersebut dengan mengedepankan rasa yang lezat, otentik, dan bercita rasa tinggi. Oleh sebab itu, selalu siapkan setidaknya satu atau dua menu andalan dalam usaha cafe yang akan didirikan.

6. Maksimalkan Tenaga Sendiri

Sebagaimana usaha tempat makan pada umumnya, keaslian resep yang menjadi menu andalan harus terus dipertahankan. Keaslian resep ini yang kemudian menyebabkan usaha tempat makanan, termasuk cafe dan sejenisnya, bisa bertahan lama. Sehingga tidak ada salahnya jika pada awal-awal berdiri untuk menggunakan tenaga sendiri sebelum nantinya menggunakan tenaga tambahan.

Bila usaha cafe sudah semakin ramai dan mulai kesulitan untuk menggunakan tenaga sendiri, maka sudah waktunya untuk menambah tenaga dengan merekrut karyawan. Usahakan untuk merekrut karyawan yang dapat dipercaya dan berkualitas agar dapat menjaga kualitas cafe. Bila perlu sebagai bos juga turun langsung agar bisa mendapatkan feedback langsung dari pengunjung.

7. Terapkan Strategi Marketing yang Tepat

Dalam bisnis apapun termasuk bisnis cafe, strategi marketing yang tepat memegang peranan penting agar usaha bisa terus berjalan. Beberapa strategi marketing yang tepat saat ini adalah dengan menggunakan kekuatan sosial media seperti Instagram. Lalu berikan fasilitas tambahan berupa diskon kepada pengunjung yang sudah mengikuti akun Instagram dari cafe.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

8. Lakukan Pembukuan saat Memulai Bisnis.

Berikut Delapan Tips Membuka Bisnis Cafe Yang Menguntungkan

Masih banyak yang beranggapan bahwa melakukan pembukuan pada awal memulai bisnis adalah hal yang sangat memakan waktu dan tidak berguna. Padahal ini adalah kesalahan besar yang banyak mengakibatkan banyak bisnis jatuh pada jurang kerugian dan kebangkrutan.

Pencatatan setiap transaksi, baik itu pengeluaran dan pemasukan harus tersusun dengan rapi dalam pembukuan sehingga Anda bisa mendapatkan data kongkrit dari bisnis cafe yang Anda buat. Dengan data ini Anda bisa mengetahui apakah bisnis yang Anda jalankan mengalami keuntungan atau kerugian dan juga Anda bisa melakukan improvisasi pada pos pengeluaran yang belum efisien.

Pembukuan adalah proses penting dalam setiap bisnis. Sayangnya masih banyak para pelaku usaha yang tidak menghiraukan hal ini dikarenakan stigma bahwa pembukuan adalah hal yang memakan waktu dan akuntansi itu sulit. Padahal dengan kemajuan teknologi semua ini bisa menjadi lebih mudah dan cepat dengan hadirnya software akuntansi seperti Accurate Online.

Itulah tips sukses dalam berbisnis café yang bisa dilakukan terutama bagi pemula dalam bidang ini. Dengan menerapkan tips atau strategi di atas maka dijamin bisnis akan sukses