Peluang Bisnis Abon Ikan Yang Banyak Diminati Masyarakat

Usaha Dagang,Bisnis – Abon ikan yang sering anda ketahui yang pastinya terbuat dari bahan baku utama daging sapi. Sebenarnya olahan abon bisa dibuat dari berbagai jenis macam daging seperti salah satunya membuat abon ikan. Abon ikan terbuat dari bahan baku utama yaitu daging ikan. Ikan yang dignakan bisa beragam dan bermacam ikan. Akan tetapi pada umumnya kebanyakan orang membuat abon ikan itu dari daging ikan tongkol. Karena ikan tongkol memiliki cita rasa yang sangat khas apabila diolah untuk dijadikan abon.

Bisnis abon ikan yang mudah dijalankan bisa anda jadikan bisnis sampingan. Berbeda dengan bisnis lainnya yang perlu diperhatikan sehingga anda hanya terpacu dalam satu bisnis saja. Akan tetapi hal yang terpenting dalam bisnis abon ikan ini adalah cita rasa yang harus enak dan paling diminati banyak orang. Selain memperhatikan cita rasa dari abon tersebut ikan juga harus anda perhatikan beberapa hal yang dapat menunjang kelancaran bisnis abon ikan yang akan anda jalankan. Sajian hal penting apa saja yang dapat mendukung kelancaran bisnis abon ikan yang akan anda jalan bisa anda perhatikan seperti yang ada di bawah ini.

  1. Penyiangan

Ikan yang disiangi yaitu bagian isi perut dan kepala. Bila perlu ditpotong – potong untuk memudahkan pengukusan kemudian dicuci sampai bersih.

  1. Pengukusan

Ikan yang dikukus sampai matang untuk memudahkan pengambilan daging dan memisahkan duri dan tulang, pisahkan daging ikan kemudian ditumbuk atau dimemarkan hinggja menjadi suwiran suwiran atau serpihan daging ikan. Jika menggunakan mesin pencacah atau mixer cukup di pisahkan daging ikan dan masukan ke mixer.

  1. Pemberian bumbu

Bumbu yang telah dihaluskan, kemudian dicampurkan dengan yang telah disuir – suir sehingga merata. Bisa juga bumbu yang dihaluskan langsung dimasukan ke mixer, aduk hingga rata.

  1. Penggorengan

Daging ikan yang sudah di campurkan dengan bumbu kemudian digoreng dengan minyak, bisa juga menggunakan santan kelapa yang kental. Aduk – aduk sampai kering (terasa ringan jika daging diaduk – aduk) dan berwarna kuning kecoklatan.

  1. pengepresan

Abon ikan yang sudah matang dimasukan kealat spinner abon sampai minyaknya keluar semua, bila tidak memiliki mesin spiner maka abon harus di press atau di tekan agar minyaknya keluar. Setelah itu ditiriskan abon terlebih dahulu supaya menjadi dingin. Abon bisa dicampur dengan bawang goring ataupun serbuk cabe untuk variasi produk abon ikan anda.

  1. Pengemasan

Abon ikan dikemas dalam kemasan yang tertutup rapat dengan menggunakan handsealer, atau bisa juga di masukan kedalam toples kecil yang terbuat dari kaya ataupun plastic pastikan tidak ada udara yang dapat keluar masuk kemassan.

Pemasaran Abon Ikan

Pemasaran awal biasanya dari mulut ke mulut, di titipkan ke toko toko di pinggiran jalan atau bila anda cukup berani mengeluarkan modal lebih anda bisa memasuki jaringan minimarket atau supermarket dengan menghubungi bagian suplainya. Biasanya anda harus mendaftarkan produk abon ikan tuna anda terlebih dahulu ke BPOM atau MUI, atau paling minim label dari dinkes setempat. Anda juga bisa memanfaatkan media internet dan social networking seperti Facebook sebagai ajang pemasaran anda.

Saran saya saat pertama kali memulai anda tidak perlu terlabih dahulu membeli mesin mesin pengolahan kecuali bila anda yakin dan ingin langsung terjun ke sekala menengah dan besar. Semoga artikel peluang usaha pembuatan abon ikan ini bisa menginsfirasi anda dan mulai mencobanya