Memiliki Rumah Baru Tidak Dikenakan Riba, Bagaimana Caranya?

Usaha Dagang, Keuangan – Di dalam upaya untuk memiliki rumah impian, tentunya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Diantaranya yaitu dengan membeli rumah tersebut secara tunai dimana uang tersebut didapat dari hasil tabungan bertahun-tahun. Kemudian bisa juga dengan mengajukan kredit kepemilikan rumah atau KPR Konvensional. Dan yang terakhir yaitu cicilan tanpa riba (syariah).

Di dalam memberikan pengajuan pemilikan rumah secara syariah tentunya tidak akan dikenakan riba sama sekali dan di lakukan di bank syariah. Prosesnya sendiri diperlukan sejumlah akad dimulai dari akad Murabahah hingga Musyarakah Mutanaqisah (MMQ).

Semua orang menurut Koko T. Rahmadi selaku kepala unit usaha syariah PT Bank OCBC NISP, asalkan sudah memenuhi persyaratan bank bersangkutan bisa mengambil pembiayaan perumahan secara syariah ini. Dimana nantinya untuk pelunasannya menggunakan margin fix selama periode pembayaran serta tidak mengikuti bunga yang berlaku di pasaran. Pelunasannya pun disesuaikan dengan kemampuan nasabah tersebut di dalam membayar karena memiliki jangka waktu yang panjang.

Selain cicilan tanpa riba (syariah) juga terdapat developer atau pengembang syariah yang menawarkan konsep pembangunan rumah tanpa riba. Pendanaannya diketahui tidak melibatkan perbankan baik konvensional maupun syariah sehingga untuk transaksi jual belinya hanya terjadi antara konsumen dan pihak developer sebagai penjual.

Untuk itulah banyak kemudahan yang ditawarkan oleh Developer Property Syariah (DPS) Indonesia kepada masyarakat selaku konsumen yang ingin memiliki rumah hunian dengan memberikan persyaratan pengajuan yang mudah. Seperti contohnya para pedagang pasar meskipun penghasilan usaha mereka sangat besar namun karena tidak ada pencatatan sehingga mereka akan kesusahan apabila ingin melakukan transaksi di bank. Untuk itulah melalui DPS ini para pedagang tersebut tidak perlu pikir panjang apabila ingin memiliki rumah hunian yang baru.