Kini Pembayaran SPP Bisa Lewat GoPay

Usaha Dagang, Bisnis РBanyak respon beragam ketika seorang bos Gojek yaitu Nadiem Makarim melepas jabatannya saat  ditunjuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan oleh Presiden Joko Widodo. Respon tersebut kebanyakan bermunculan dari para pengguna aktif media sosial atau yang biasa dikenal dengan netizen.

Para netizen tersebut memberi komentar tentang kapan penggunaan GoPay bisa digunakan untuk pembayaran iuran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sekolah. Bahkan diantara para netizen tersebut ada yang sempat membuat meme berupa gambar, video dan juga tulisan atas kreasi mereka masing-masing yang kemudian disebarkan antar komunitas pengguna sosial media melalui internet.

Dan akhirnya hal tersebut semua menjadi kenyataan. Aplikasi Gojek yang selama ini kita kenal sebagai media transportasi berbasis online besutan Nadiem kini terdapat layanan pembayaran uang SPP sekolah. Nantinya untuk layanan pembayaran SPP sekolah akan ditemukan dalam aplikasi Gojek di menu layanan GoBills yang terdapat di kolom schools.

Saat ini, untuk layanan tersebut sudah diterapkan oleh sekolah yang berada di kota Semarang, Jawa Tengah. Sekolah tersebut merupakan sebuah sekolah tingkat dasar Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Akhlaqiyah yang beralamat di daerah Ngaliyan. Opsi pembayaran dengan GoPay oleh sekolah tersebut digunakan pada saat penyeleksian calon peserta anak didik baru dan pendaftarannya pun bisa dilakukan secara online maupun offline sehingga memberikan kemudahan kepada calon orang tua murid dalam hal pembayaran utnuk keperluan sekolah anak mereka .

Untuk proses pembayarannya sendiri sangatlah mudah dilakukan. Orang tua dari calon peserta didik tinggal memasukkan identitas peserta didik anaknya kemudian langkah selanjutnya tinggal memilih opsi pembayaran apa yang hendak dilakukan. Dan orang tua siswa pun tak perlu mendatangi madrasah hanya sekedar melakukan pembayaran atas biaya pendaftaran sekolah anak mereka.