Generasi Muda Lebih Memilih Bekerja Sebagai Freelancer, Kenapa?

Usaha Dagang, Bisnis –  Jaman sekarang banyak orang terutama kaum muda banyak memilih bekerja sebagai Freelancer dengan kemampuan tertentu. Lantaran banyak memberikan fleksibilitas waktu dan lokasi kerja serta memberikan kesempatan untuk menyalurkan bakat dan minatnya.

Founder sekaligus CEO Sribu Ryan Gondokusuma menyebut tren bekerja sebagai freelencer makin diminati oleh banyak generasi milenial. Sebanyak 70% dari keseluruhan berasal dari kelompok usia dibawah 30 tahun dan selebihnya berasal dari kelompok usia 30-40 tahun ke atas.

Penghasilanya sebagai Freelancer juga sangat menjanjikan bahkan tidak kalah dengan pekerjaan penuh waktu lainya. Dari 20% responden yang berpartisipasi dalam survei mengungkapkan bahwa mereka mendapatkan hasil gaji lebih dari Rp 3,5 juta per bulan setara dengan gaji UMR di Jakarta. Dari hasil survei bahwa kebanyakan orang bukan terinspirasi dari hasil gaji nya tetapi karena lokasi kerja serta kesempatan untuk menyalurkan minat dan bakat menjadi fleksibilitas waktu.

Prospek penghasilan yang menjanjikan dari pekerjaan sebagai freelancer membuat mayoritas responden mempertimbangkan untuk menjadikan pekerjaan tersebut sebagai pilihan karir yang dapat ditekuni dalam jangka panjang. Sebagai freelencer kualifikasi mereka di ukur oleh portofolio, keahlian, dan kompetisi yang dimiliki. Pekerjaan ini pun salah satu pekerjaan bidang kreatif paling populer di kalangan Freelancer, jasa desain, penulisan dan pemasaran online menjadi tiga jenis pekerjaan yang paling populer di kalangan freelencer.