Gaji Kecil Bukan Berarti Tidak Bisa Berinvestasi

Usaha Dagang, Bisnis – Di dalam mengelola keuangan, kadang mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang hanya sebuah keinginan akan sulit dibedakan. Karena itulah bagi yang memiliki gaji kecil akan selalu merasa tidak cukup. Hal ini tentunya perlu pengelolaan yang cermat sehingga meskipun memiliki gaji kecil namun kebutuhan hidup masih bisa tercukupi.

Berikut ini akan dibahas beberapa trik di dalam mengatur keuangan terutama bagi mereka yang merasa memiliki gaji yang kecil.

1. Membuat Anggaran Belanja

Setiap orang apabila sudah menerima gaji bulanannya pasti akan berencana untuk membelanjakan uangnya meskipun tidak mempunyai rencana mau dibelanjakan apa uangnya tersebut. Hal ini kadang membuat seseorang menjadi kalap dan akhirnya pada saat uangnya tersebut hampir habis dibelanjakan akhirnya menjadi kebingungan dan pusing sendiri.

Dalam kasus seperti ini sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga perlu ada perencanaan dan pengelolaan yang matang mengenai pengeluaran bulanan. Dengan menyusun anggaran belanjanya maka bisa memberi batasan di dalam menentukan mana yang menjadi prioritas untuk dibelanjakan sambil uangnya tersebut ditabung sedikit demi sedikit.

2. Usahakan Selalu Berhemat

Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan penghematan keuangan. Misalnya saat berada di rumah, untuk penggunaaan listrik upayakan selalu menghemat dengan mematikan perangkat elektronik rumah tangga apabila sudah tidak digunakan lagi.

Selain itu  menyempatkan waktu untuk memasak sendiri di rumah daripada makan di restoran atau café. Dengan begitu pengeluaran pun bisa dikendalikan. Dan yang terakhir bagi yang hobinya belanja, bisa memanfaatkan momen promo sehingga bisa mendapatkan barang dengan harga yang jauh lebih murah.

3. Jangan Jadikan Tabungan Sebagai Dana Cadangan

Saat mengelola keuangan, kadangkala tidak bisa memprediksikan berapa nominal yang harus dikeluarkan untuk masing-masing kebutuhan. Untuk itu dimulai dari sekarang cobalah membuat rincian pengeluaran berdasarkan kebutuhan yang diperlukan.

Seperti misalnya untuk mencukupi kebutuhan utama, dana yang harus dikeluarkan berkisar 40-50% dari gaji yang kita terima. Begitupun untuk kebutuhan sekunder cukup 25-30% dan sisanya 20-35% diusahakan untuk ditabung. Maka dengan mengikuti langkah tersebut maka keuangan pun akan terkelola dengan baik.

4. Saatnya Untuk Berinvestasi

Bagi seorang pemula, kadang dipusingkan dalam memilih jenis investasi apa yang pas apalagi dengan gaji yang kecil. Untuk itu pilihlah investasi yang tingkatan resikonya paling stabil seperti misalnya berinvestasi properti atau yang paling mudah saat ini dilakukan yaitu berinvestasi emas.

5. Memulai Bisnis Sampingan Yang Tidak Mengganggu Pekerjaan Utama

Seseorang apabila memiliki gaji yang kecil pastinya akan memikirkan bagaimana cara untuk menutupi kekurangan di dalam mencukupi kebutuhan hidupnya tersebut. Satu-satunya jalan mungkin akan memilih untuk mencari penghasilan tambahan yaitu dengan membuka usaha bisnis yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Itulah beberapa tips yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari di dalam mengatur pengeluaran dengan penghasilan yang kecil. Jika bisa dikelola dengan baik pastinya gaji kecil bukanlah perkara yang sulit di dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.