Dari Eceng Gondok Raup Omzet Jutaan Rupiah

Usaha Dagang, Bisnis –  Eceng gondok merupakan jenis tumbuhan yang banyak di jumpai di sawah-sawah atau di sungai, Eceng gondok juga sering disebut sebagai tumbahan hama karena pertumbuhannya sangat cepat. Tapi tidak disangka tumbuhan ini malah menjadi omzet untuk mendapatkan uang.

Seperti yang dilakukan oleh seorang Natalia, bisnis yang dia jalani sudah berjalan sekitar satu tahun. Dari usahanya yang bernama Jingga Craft, dia berhasil menghasilkan sebuah ide unik dan kreatif dari eceng gondok menjadi sebuah tas cantik dan beberapa jenis produk lainya yang terkesan cantik dan lucu. Tidak sembarangan dia melakukan riset terlebih dahulu bagaimana cara mengolah dan menjadikan eceng gondok yang benar sehingga bisa menjadi sebuah tas cantik, dompet dan kipas.

Menurut Natalia, banyak metode pengerjaan yang dia coba tapi setelah disimpulkan bahwa yang paling gampang dibuat yaitu dengan metode yang di rajut. Terbilang cukup rumit namun siapa sangka dengan eceng gondok muncul ide bisnis ini. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan supaya eceng gondok mudah di rajut yaitu eceng gondok nya harus di olah melalui proses penjemuran dulu sampai benar-benar kering, setelah dijemur sampai kering hingga sampai pori-porinya setelah itu baru bisa dapat di anyam.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna Natalia dibantu oleh orang pengrajin di Yogyakarta, tidak hanya dari eceng gondok saja namun ada beberapa bahan yang Jingga Craft buat yaitu dari rotan, pandan dan mendong. Seorang Natalia memaparkan bahwa dulu dia membuat usaha ini hanya modal 5-7 juta dengan modal kecil tapi dengan kepintaranya dia berhasil mengubah eceng gondok menjadi sesuatu produk yang bernilai jual mulai dari Rp 135 ribu hingga 175 ribu. Sementara untuk produk yang berbahan rotan dan pandan itu Natalia jual dengan harga Rp 120 ribu hingga Rp 300 ribu.

Dengan modal minim dan terbatas seorang natalia mampu meraup omzet sekitar Rp 4 juta hingga 5 juta per bulan dengan bisnis yang baru jalan setahun.