Penghentian Sementara Impor Produk Dari Cina oleh Indonesia

Usaha Dagang, Bisnis – Saat ini Cina yang dikenal sebagai negeri tirai bambu merupakan salah satu negara yang menjadi sumber pasar ekspor utama Indonesia. Namun di dalam upaya untuk mencegah tersebarnya virus Corona, pemerintah membuat kebijakan-kebijakan yang diperkirakan akan berdampak  pada perekonomian Indonesia.

Untuk itu Presiden Jokowi menghimbau kepada seluruh jajaran menterinya untuk menganalisa kembali mengenai dampak akibat kebijakan pemerintah di dalam melakukan pencegahan terhadap virus Corona. Kebijakan tersebut antara lain menghentikan sementara produk impor Cina hingga waktu yang tidak bisa ditentukan, memberi batasan untuk yang hendak berlibur ke Cina dan turis dari Cina yang hendak berlibur ke Indonesia, serta kebijakan yang terakhir yaitu menghentikan untuk sementara waktu semua penerbangan dengan tujuan ke Cina maupun yang dari Cina ke Indonesia.

Kebijakan–kebijakan tersebut untuk dampaknya perlu diperhitungkan secara cermat terutama terhadap sektor perdagangan, investasi dan juga pariwisata. Itulah instruksi yang dikeluarkan oleh presiden Jokowi ketika melakukan rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor pada tanggal 4/2/2020 yang kemudian disampaikan di hadapan jajaran menterinya.

Dengan melakukan penghentian sementara produk impor dari Cina apakah sudah tepat dilakukan dan tidak akan merugikan perekonomian Indonesia mengingat Cina merupakan negara asal impor terbesar di Indonesia. Selain itu Indonesia juga menjadikan Cina sebagai negara dengan tujuan ekspor pertama karena memiliki pangsa pasar sebesar 16,6%.

Hal ini menurut Jokowi tentunya bisa memberikan momentum terhadap produk dalam negeri untuk bisa lebih ditingkatkan lagi produksinya terhadap berbagai produk yang sebelumnya di impor dari Cina dan memanfaatkan pasar ekspor ke negara lain.

Dan terakhir untuk sektor pariwisata menurut Jokowi perlu menyiapkan langkah-langkah tanggap darurat untuk mengantisipasi wisatawan asal Cina yang hendak berlibur ke pulau Bali dan Sulawesi Utara. Dan memanfaatkan peluang terutama kepada para wisatawan asing mancanegara yang membatalkan destinasi wisata mereka ke negeri Cina sehingga mereka bisa memilih tujuan wisata mereka ke Indonesia.