Beberapa Syarat Untuk Mendirikan UKM yang Wajib Anda Ketahui

Usaha Dagang, Bisnis – Semua kalangan masyarakat yang ada di Indonesia pasti menginginkan badan usahanya berjalan lancer dengan berbisnis UKM. Usaha UKM sangat menjanjikan karena dunia pasar sangat membutuhkannya, baik itu usaha dalam bidang kuliner maupun jasa. Ada beberapa syarat yang harus anda penuhi untuk menjalankan UKM anda yang pastinya akan membuat anda mendapatkan keuntungan yang besar dalam berbisnis UKM.

Berikut ada beberapa syarat untuk mendirikan UKM yang tidak boleh anda sepelekan, antara lain:

  • Membuat manajemen dengan jelas

Langkah awal yang perlu anda perhatikan adalah manajemen usaha, sesederhana apapun usaha anda atau bisnis yang anda jalani. Merekrut karyawan, mengelola keuntungan perusahaan dengan baik, serta melakukan pembukuan, harus diatur serapi mungkin. Manajemen yang jeas akan berdampak positif terhadap kelangsungan usaha itu sendiri.

  • Jeli dalam melihat peluang

Salah satu kunci sukses tidaknya usaha dilihat dari kejelian pelaku bisnis dalam melihat peluang. Oleh karena itu, cobalah perhatikan lingkungan sekitar anda, kira – kira jenis usaha apa yang paling cocok untuk dikembangkan di daerah anda.

Missal lokasi anda dekat dengan kampus, maka usaha kuliner, fotokopi, ataupun bahkan took buku sangat cocok untuk dikembangkan. Ingat, tetap perhatikan selera dan kemauan pasar agar anda terus bisa berinovasi.

  • Unggulkan keunikan produk

Kelarisan suatu produk di pasaran salah satunya ikut ketentuan oleh unik tidaknya produk anda. Produk yang unik bukan berarti yang tidak ada sebelumnya. Disini, anda dituntut untuk berpikir kreatif, misalnya dengan mengemas suatu produk dengan kemasan yang tidak biasa, strategi promosi yang berbeda, dan sebagainya. Kuncinya adalah buat produk anda semenarik mungkin dan lain dari pada yang lain.

  • Urus administrasinya

Setelah persiapkan manajemen dan produk sudah diatur dan dijalankan dengan baik, saatnya anda harus mulai serius mengurus admistrasinya. Meskipun usaha yang anda jalankan tergolong kecil, asprk administrasi juga sangat perlu diperhatikan. Selain menandakan bahwa anda serius berbisnis, administrasi seperti ini juga akan sangat diperlukan suatu hari, misalnya ketika anda hendak mengukuti seminar ataupun workshop kewirausahaan.

Suatu bidang usaha bisa dikatakan sudah terdaftar secara resmi jika memenuhi administrasi dengan melengkapi dokumen – dokumen sebagai berikut:

  1. Tanda daftar perusahaan (TDP)

Pada dasarnya, usaha yang masih bertaraf UKM tidak perlu mengajukan permintaan pembuatan TDP, akan tetapi dokumen ini tetap bisa diurus jika memang diperlukan.

  1. Surat izin usaha perdagangan (SIUP)

Usaha mikro ini sekalipun wajib memiliki dokumen SIUP sebagai bukti legalitas usahanya.

  1. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

Nomor pokok wajib pajak memang harus dimiliki dengan memakai nama pemilik/penanggung jawab perusahaan.

  1. Izin gangguan

Izin gangguan dikeluarkan sebagai bentuk dari izin pendirian usaha di lokasi tertentu yang bisa jadi menimbulkan bahaya, gangguan, ataupun kerugian.

Nah, itulah beberapa syarat mendirikan UKM yang harus anda penuhi. Sangat mudah bukan?