Batas Waktu Bayar Pajak WP Orang Pribadi Hingga 31 Maret

Usaha Dagang, Bisnis – Jadwal periode pelaporan kewajiban pajak tahunan sebentar lagi akan bergulir. Masyarakat dan juga pengusaha diingkatkan kembali oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani agar jangan lupa untuk membayar pajak sesuai dengan jadwal Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak yang sudah ditentukan.

Bagi wajib pajak (WP) orang pribadi batas akhir penyampaian SPT Pajaknya yaitu sampai tanggal 31 Maret dan untuk WP badan paling lambat hingga tanggal 30 April. Untuk menghindari gangguan sistem akibat lonjakan para wajib pajak yang menangguhkan kewajiban membayar pajak di akhir periode, Sri Mulyani menghimbau kepada masyarakat supaya bisa mencicilnya dimulai dari sekarang.

Selain itu, mantan direktur Bank Dunia tersebut juga meminta kepada para pengusaha di Indonesia agar bisa lebih percaya kepada pemerintah. Mengingat beberapa bulan belakangan ini kondisi perekonomian global yang sedang mengalami pelemahan, sehingga yang dibutuhkan saat ini adalah kepercayaan kepada pemerintah serta saling memperkuat dan selalu optimis.

Berdasarkan catatan penerimaan pajak sepanjang tahun 2019 oleh Kementerian Keuangan, jumlah total pajak yang diterima oleh negara mencapai 1.332 triliun rupiah. Totalan tersebut masih di luar target yang sudah dipatok oleh pemerintah yang terangkum di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di mana penerimaan pajak tersebut baru mencapai 84,4 %.

Dibandingkan dengan penerimaan pajak tahun 2018 yang mencapai 14,1%, tentunya kenyataan tersebut menimbulkan tekanan dikarenakan penerimaan pajakĀ  di tahun 2019 yang jauh lebih rendah yaitu dengan pertumbuhan yang hanya sebesar 1,4%.