7 Cara Untuk Menghasilkan Pasif Income dengan Mudah

Usaha Dagang, Bisnis – Banyak yang mengatakan bahwa seseorang yang sukses adalah orang yang sudah memiliki pasif income. Jika penghasilan yang anda peroleh hanya didapat jika anda mengerjakan sesuatu, maka hidup anda tergolong belum aman.

Pasif income adalah penghasilan yang akan mengalir dengan sendirinya ke rekening anda tanpa harus mengerjakan sesuatu. Jadi, anda hanya duduk santai saja dirumah, maka dompet anda akan tetap terisi.

Diera yang serba menggunakan internet, sebenarnya anda bisa menangkap suatu peluang untuk menghasilkan pasif income. Sehingga tidak harus terus menerus bergantung pada gaji bulanan. Seperti yang sudah dilansir dari usahausaha.com, berikut adalah delapan cara agar anda bisa mendapatkan pasif income dengan mudah.

1. Memulai Sebuah Blog

Mungkin cara yang paling populer untuk mendapatkan passive income adalah dengan memiliki blog Anda sendiri. Hanya butuh waktu beberapa menit untuk menyiapkan dan modal yang murah untuk memulai, cukup membeli nama domain Anda dan bayar untuk hosting.

Setelah itu, mulailah membuat konten yang akan membuat orang tertarik untuk membaca atau membagikannya. Misalnya, jika Anda seorang akuntan yang telah membantu pemilik usaha kecil dengan pajak mereka, maka hal itu bisa menjadi konten untuk blog Anda.

Pastikan topik yang Anda tulis sangat populer. Setelah mendapatkan banyak pengunjung, Anda bisa mulai menghasilkan uang dari blog Anda dengan menghasilkan komisi sebagai afiliasi.

Di sinilah Anda mengiklankan produk atau layanan orang lain di situs Anda. Pastikan produk atau layanan ini relevan dengan blog Anda.

Misalnya, blog akuntansi bisa menjadi afiliasi untuk perangkat lunak akuntansi atau faktur. Setelah Anda menemukan mitra afiliasi, Anda akan diberi kode unik sehingga setiap kali pengunjung mengklik link di situs Anda, Anda akan mendapatkan komisi.

Hal kedua adalah dengan menemukan sponsor. Ini sedikit berbeda dengan hanya menjual iklan di situs Anda. Sponsor dapat berupa konten disponsori satu kali atau logo permanen yang disematkan di footer. Pemberi sponsor tentunya harus membayar kepada Anda jika ingin logonya ditampilkan di situs yang Anda miliki.

2. Jual Produk yang Informatif

Jika Anda memiliki pengetahuan di area tertentu, Anda dapat mulai membuat produk seperti e-book atau video tutorial dan menjualnya di blog atau toko online Anda.

Mungkin diperlukan banyak upaya untuk menciptakan dan memasarkan produk informatif Anda, tapi begitu semua pekerjaan selesai, Anda bisa mengatur dan mengumpulkan hasilnya, yang pastinya menguntungkan.

3. Dapatkan Royalti

Jika Anda seorang musisi, aktor, atau penulis berbakat, Anda bisa mendapatkan royalti dari pekerjaan Anda. Dengan kata lain, orang akan membayar Anda untuk menggunakan karya atau aset kreatif Anda.

4. Buat Komunitas Keanggotaan

Jika Anda telah membuktikan diri Anda sebagai figur otoritas, Anda dapat membuat komunitas keanggotaan tempat Anda membayar biaya bulanan untuk menerima konten berkualitas tinggi dan informasi tambahan yang tidak tersedia bagi yang bukan anggota.

Salah satu contohnya, Timothy Sykes yang menghasilkan pendapatan pasif lebih dari US$100.000 (Rp1,324 miliar) per bulan melalui anggota komunitasnya yang membahas bagaimana orang bisa menghasilkan uang dalam perdagangan saham.

5. Jual Beli Domain atau Website

Jika anda telah memasukan waktu dan usaha untuk membangun sebuah situs web dan anda telah mendapatkan banyak pengunjung, maka anda bisa menjualnya kepihak yang berkepentingan dengan mencantumkannya di pasar seperti Flippa.

6. Jual Produk Fisik

Persiapan dan strategi meningkatkan penjualan bisnis online menjelang Ramadan dan Lebaran sama seperti dengan situs blogging, ada beberapa cara untuk mendapatkan passive income dengan menjual produk fisik. Mungkin salah satu cara yang paling dikenal adalah menjual produk bekas lama Anda di eBay.

Tetapi bahkan jika Anda tidak memiliki barang yang tersisa untuk dijual, Anda bisa mulai berbelanja. Di sinilah Anda menjual produk untuk sebuah perusahaan di Tokopedia atau Shopee, dan mereka akan mengurus sisanya, termasuk pengiriman.

Anda juga bisa meluncurkan toko online anda sendiri dengan memanfaatkan banyak marketplace yang sudah tersedia saat ini. Mereka akan benar – benar memberikan semua yang anda butuhkan untuk menjual produk secara online.

7. Sewa Properti

Hal yang terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan menyewakan property yang anda miliki. Dalam hal ini, tentunya anda harus memiliki sebuah property dahulu sebelumnya. Untuk membeli sebuah property, mungkin akan dibutuhkan modal yang besar diawalnya, akan tetapi jika anda membeli asset di lokasi yang tepat, percayalah asset anda ini akan menghasilkan pasif income yang lumayan cukup besar bagi anda dikemudian hari.