5 Ide Kreasi UKM di Bidang Kuliner Yang SAngat Menguntungkan

Usaha Dagang, Bisnis – Bisnis UKM merupakan salah satu bentuk dari usaha kecil yang terbilang memiliki prospek yang menjanjikan mendapatkan keuntungan. Selain dapat dimulai dengan ketersediaan modal yang kecil, pasar yang dijangkau oleh produk UKM ini selalu mengena di masyarakat.

Saat ini ide kreasi bisnis UKM merupakan penggerak ekonomi di Indonesia yang dapat membawa masyarakat menuju kesejahteraan dengan menghasilkan produk yang cepat diserap oleh konsumen.

Contoh UKM bidang Kuliner Yang Lumayan Cukup Menguntungkan

Disini kami akan memberikan beberapa contoh ide usaha bisnis UKM dibidang kuliner yang dimana akan lebih mudah untuk memasarkan produknya karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia.

  1. UKM makanan cemilan

Memulai usaha makanan ringan tergolong sangat mudah dengan ketersediaan modal usaha yang tidak terlalu besar. Selain itu, pemasarannya juga cukup mudah karena melihat kebiasaan masyarakat kita yang terbilang sangat menyikau jajanan baik karena kesenangan ataupun sekedar oleh – oleh untuk orang lain.

Untuk usaha dalam skala kecil, produsen makanan ringan bisa dengan cara menitipkan pada warung ataupun took dengan cara bayar kemudian untuk proses pengenalan produknya.

  1. UKM kuliner warung tenda

Siapa yang tidak kenal dengan tempat kuliner warung tenda. Didaerah manapun akan dengan mudah kita jumpai tempat makan dengan hanya beratap tenda ini. Jenis tempat makanan yang satu ini memang paling banyak buka ketika menjelang malam hingga sampai sepi.

Bahkan peminat kuliner warung tenda tidak hanya masyarakat kalangan bawah saja, sudah biasa seorang bos maupun selebritis juga mampir di warung tenda karena mereka merasa sangat cocok dengan citarasa menu yang di hidangkannya.

  1. UKM bisnis catering rumahan

Memiliki keahlian memasak dengan beragam varian serta bisa memanajemen dengan baik, maka bisa dicoba membuka bisnis melayani pesanan catering kecil – kecilan. Kalaupun memiliki modal yang cukup, peluang bisnis ini lumayan cukup menjanjikan apabila anda mampu untuk melayani pensanan dengan skala menengah seperti untuk acara resepsi pernikahan maupun jamuan makan untuk event tertentu.

  1. UKM usaha produk minuman

Berikut merupakan bisnis UKM bidang kuliner yang jenis minuman. Usaha ini terbilang sangat laris manis karena peminatnya bukan hanya untuk anak – anak dan remaja saja. Bisa dilihat hampir setiap jalanann baik itu kota maupun pinggiran sudah banyak gerai – gerai minuman dengan beragam nama dan varian rasa.

Kebanyakan bidang UKM yang satu ini dijalankan dengan sistem waralaba seperti:

  • Super Juice. Bergabung dengan bisnis franchise yang satu ini bisa menggunakan modal kemitraan usaha sebesar 6 hingga 8 juta.
  • Dawet Ayu. Modal usahanya sekitar 7 juta rupiah.
  • Justmine Pisang Ijo. Dapat dimulai dengan modal kisaran 5 jutaan.
  • Joglos Coffe. Dengan modal sekitar 7 juta anda sudah dapat menjalin bisnis kemitraan dengan gerai minuman yang sudah populer ini.

Dan masih banyak jenis minuman lainnya lagi yang saat ini sedang popular di kalangan masyarakat.

  1. UKM kuliner unik kreatif

Ide bisnis dan usaha kuliner memang tidak ada matinya bahkan akan terus bermunculan para pebisnis baru dengan beragam varian serta karakter unik yang di usungnya untuk dapat memikat pasar.

Masyarakat seringkali dibuat penasaran dengan nama nama unik khas makanan yang di tawarkan, meskipun pada dasarnya tetap merupakan jenis kuliner yang sudah umum hanya saja dengan versi yang terbaru.

Mungkin beberapa dari pembacasudah tidak asing dengan nama nama kuliner unik berikut ini yang begitu terkenal hingga dapat menghasilkan omzet belasan juta perharinya seperti:

  • Mie Rampok Surabaya. Yang terkenal dengan citarasa pedas serta model warung yang unik seperti dipenjara.
  • Nasi Goreng Jangkrik. Begitu banyak juga yang satu ini yaitu nasi goring jangkrik dengan porsi yang besar ditambah citarasa pedasnya.

Jika anda kreatif, masih banyak ide – ide bisnis kuliner yang dapat anda tuangkan untuk bisa mencari pasar dengan target konsumen para pecinta wisata kuliner.