3 Jenis Bidang Usaha Perikanan yang Ada Di Indonesia, Perlu Kalian Ketahui!

Usaha Dagang, Bisnis – Saat ini sektor perikanan belum dilirik oleh berbagai kalangan atau belum banyak orang tahu, sebagian orang menyelenehkan tentang perikanan. Padahal perikanan bisa memicu peluang besar untuk menjadikan suatu negara menjadi maju dan sejahtera.

 


1.Usaha Perikanan Tangkap

 

Usaha perikanan tangkap adalah sebuah kegiatan usaha yang serius dalam memproduksi ikan melalui penangkapan ikan. Hal ini bisa dijadikan peluang besar bagi para nelayan ataupun penduduk sekitar pantai ataupun penduduk dekat perairan darat. Contoh usaha perikanan tangkap ialah penangkapan ikan sarden, ikan tuna, ikan bawal, dan ikan-ikan lainya yang di dapatkan oleh para nelayan.

2.Usaha Perikanan Budidaya (akuakultur)

Usaha budidaya yang disebut sebagai akuakultur merupakan sebuah usaha yang bertujuan memproduksi ikan pada sebuah wadah atau loka pemeliharaan. Dimana syarat-syarat yang di anjurkan tepat dan tidak menyeleneh supaya pembudidayaan tersebut terkontrol dan berorientasi pada keuntungan. Contoh pembudidayaanya yaitu budidaya ikan nila, budidaya ikan lele, budidaya ikan mujaer, budidaya ikan mas, budidaya ikan koi, budidaya ikan patin serta budidaya ikan hias. Bidang usaha ini termasuk usaha yang relatif terjangkau karena hanya membutuhkan media budidaya buat menyebarkan bibit ikan.

3.Usaha Perikanan Pengolahan

Bagi usaha perikanan ini merupakan sebuah akitivitas bisnis perikanan dengan tujuan primer, yakni menaikan nilai tambah dan menaikan kreatifitas dalam pengolahan atau mengolah menjadi suatu produk makanan yang disuka banyak orang. Kegiatan usaha ini juga memiliki tujuan untuk bisa mendekatkan produk perikanan ke pasar contohnya, pembuatan bakso ikan, nugget ikan, pengolahan kerupuk ikan, dan pembuatan kerajinan dari sisik ikan.