Tertarik dengan agro bisnis?  Berikut 4 jenis usaha agrobisnis bermodal kecil

Usaha Dagang, Usaha Dagang Bertani – Pertanian menjadi salah satu profesi yang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia, 38% penduduk memilih untuk bertani dan mengembangkan usaha di bidang agrobisnis. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat tingkat kesuburan tanah yang sangat tinggi. Beberapa daerah diketahui kerap berinovasi di bidang pertanian, guna meningkatkan hasil panen.

Istilah agrobisnis merujuk pada usaha di bidang pertanian atau lainnya yang mendukung rantai sektor pangan atau food supply chain. Seluruh usaha berkaitan dengan penyediaan pangan masuk dalam kategori ini. Pergeseran makna agrobisnis pun terjadi kini. Pasalnya beberapa usaha di bidang lain, seperti farmasi, energi, hingga teknologi bahan yang tak lepas dari pertanian disebut agrobisnis pula.

Para pelaku agrobisnis pun mulai merangkul akademisi untuk mengembangkan usaha mereka. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi dan keuntungan. Aktivitas dari hulu ke hilir yang mencakup budidaya, proses panen, pengolahan, sampai pemasaran. Setiap orang yang bekerja di dalamnya bisa disebut sebagai pelaku agribisnis dalam artian luas.

4 Jenis Usaha Agrobisnis Bermodal Kecil

Untuk memulai usaha agrobisnis bukanlah hal mudah, terutama ketersediaan modal. Peluang usaha agrobisnis diklaim membutuhan modal yang tidak sedikit. Tetapi ada beberapa usaha agrobisnis yang ternyata bisa dimulai dengan modal kecil, seperti:

1. Sayuran Organik

Buat para ibu rumah tangga yang ingin berpenghasilan besar, budidaya sayuran organik bisa jadi pilihan. Tidak perlu media tanam yang luas, Anda bisa menerapkan sistem hidroponik. Dengan memanfaatkan halaman rumah yang terbatas pun, sayuran organik bisa dikembangkan.

Kian tingginya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi sayuran membuka peluang usaha baru.Mengapa sayuran organik? Karena kualitas dan tampilan sayuran jauh lebih menarik.

2. Rempah-Rempah

Rempah-rempah asli Indonesia dipatok dengan harga tinggi oleh dunia. Kualitas dan rasa rempah yang kuat menjadi peluang ekspor baru. Selain digunakan sebagai bumbu masak, beberapa negara juga memanfaatkan rempah-rempah sebagai bahan baku kosmetik.

Di Indonesia, beberapa brand lokal sudah memanfaatkan bahan-bahan baku rempah. Anda bisa mencoba suplai ke perusahaan kosmetik tersebut.

3. Buah-Buahan

Gaya hidup sehat rupanya menjadi peluang bisnis tersendiri, salah satunya agrobisnis buah-buahan berkualitas yang dihasilkan petani lokal. Mengingat harga buah yang cukup tinggi di pasaran, Anda bisa mencoba budidaya buah di lahan pribadi.

Ada banyak pilihan buah yang tidak pernah sepi peminat dan gampang dikembangkan, yakni buah naga, pisang raja, mangga, dan jeruk. Jika Anda ingin harga jual yang lebih tinggi, buah musiman bisa jadi pilihan. Perlu diingat, membudidayakan buah juga harus memperhatikan tingkat kesuburan tanah dan area pemasaran.

4. Bibit Tanaman

Peluang usaha agrobisnis satu ini merupakan paling sulit dari yang lainnya. Pasalnya, anda harus memiliki pengetahuan dasar terkait bibit yang berkualitas.bibit mana yang paling disukai oleh para petani dan mana yang tidak. Meskipun sulit, anda sebenarnya bisa mempelajari informasi tersebut secara otodidak. Sudah banyak seminar dan informasi online yang bisa di baca secara gratis. Selama ada kemauan untuk belajar, apapun akan terasa lebih mudah.