Prospek Cerah Usaha Kepiting Bakau

Usaha Dagang, Usaha Dagang Bertani – Ketiping bakau adalah salah satu komoditi perikanan di pantai yang memiliki nilai ekonomis sangat tinggi. Dulu pada awalnya kepiting bakau Cuma dianggap hama oleh banyak petani di Indonesia, karena kepiting ini sering membuat pematang tambak bocong. Akan tetapi ketika saat ini kepiting bakau ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi, keberadaannya mulai banyak ditangkap dan diburu, bahkan sekarang ekstensifikasinya bidudaya mulai dirintis oleh banyak orang. Permintaan pasar dunia akan kepiting bakau yang semakin meningkat dari tahun ke tahun membuat budidaya kepiting ini menjadi peluang usaha yang sangat strategis.

Konsumen

Kepiting bakau banyak memiliki penggemar, sehingga sangat tidak heran apabila kepiting jenis ini banyak dibudidayakan. Pelanggan utamanya adalah warung – warung seafood, hotel berbintang, restoran – restoran besar dan masih banyak lagi. Selain kandungan protein yang tinggi, kepiting bakau juga memiliki rasa yang sangat lezat. Diperkirakan permintaan kepiting bakau akan bertambah seiring dengan kepedulian masyarakat akan kebutuhan gizi yang semakin membaik.

Memulai bisnis budidaya kepiting bakau

Sebagai komoditi ekspor, kepiting bakau mempunyai harga yang sangat tinggi, baik itu pasar dalam negeri maupun luar negeri. Harga kepiting bakau di tentukan dari kualitas tingkat kegemukan dan ukuran. Usaha penggemukan kepiting bakau jantan ataupun betina dilakukan dalam keadaan kepiting masih kosong dan kurus.

Keuntungan bisnis

Perlu anda ketahui, pada awalnya dulu kepiting bakau tidak dibudidayakan, para petani hanya memanennya secara alami. Dengan meningkatnya permintaan yang semakin tinggi, cara – cara ini tentu saja tidak mampu memenuhi permintaan pasar sehingga perlu dilakukan budidaya secara lebih serius.

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, bahwa kepiting jenis ini adalah salah sati dari komoditas perikanan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Harga 1kg kepiting bakau berkisar antara 80 – 90 rb. Selain itu, proses budidayanya tidak memerlukan waktu yang lama. Anda sudah dapat memanennya hanya dalam kurun waktu 1 sampai 1,5 bulan saja, cara budidayanya juga tidaklah sulit untuk dijalankan.