Pengembangan Inovasi Dalam Bisnis Peternakan

Usaha Dagang, Bisnis – Di dalam mengembangkan industri peternakan nasional perlu adanya kajian di dalam menyiapkan perencanaan kerja secara konkret dan sistematis dimulai dari investasi, peninjauan kapasitas, dan juga diperlukan studi pasar.

Saat ini Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar Indonesia) berusaha untuk mengembangkan inovasi di dalam pengembangan produk peternakan dari para peternak Usaha Kecil Menengah (UKM). Dan direncanakan akan dibentuk sebuah koperasi yang akan mengurus segala keperluan didalam memperkuat usaha peternakan unggas.

Singgih Januratmoko, selaku Ketua Umum Pinsar Indonesia mengatakan bahwa di dalam menghadapi persaingan dengan beragam pebisnis terutama yang bergelut di bidang peternakan, para peternak unggas mandiri akan semakin terbebani dan merasa kesulitan.Maka itulah tujuan dibentuknya koperasi (dimulai dari koperasi primer, sekunder dan koperasi induk) diharapkan supaya usaha yang selama ini sudah dijalankan oleh para peternak unggas tersebut semakin maju di dalam menjalankan usaha mereka.

Di dalam koperasi tersebut menurut Singgih akan dikembangkan menjadi usaha-usaha yang nantinya sebagai penunjang di dalam pengadaan keperluan akan pakan, dimulai dari penyediaan bahan baku serta dibangunnya pabrik pakan untuk pemenuhan pakan secara swadaya, pembibitan unggas, hingga pemasaran. Diharapkan dengan sistem yang terintegrasi ini, ketersediaan akan sumber protein hewani ini dapat terjangkau oleh masyarakat.

Melihat potensi industri yang bagus di bidang ternak unggas ini serta perencanaan konsep bisnis unggas yang terintegrasi, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyambut baik dan akan memberikan dukungan terutama di dalam menyempurnakan kelembagaan, pelatihan dan terakhir memberi akses didalam permodalan agar usaha di bidang ternak unggas ini bisa lebih berkembang.