Ini Alasan Mengapa Bisnis Franchise Adalah Bisnis Terbaik

Usaha Dagang, Bisnis – Ketika saat berbicara mengenai usaha retail, ada beragam jenis usaha yang bisa anda pilih. Anda bisa membuka usaha sendiri baik itu toko retail online (e-commerce) maupun toko fisik dengan semua modal yang anda miliki. Akan tetapi, ada beberapa pilihan lain seperti bisnis Franchise yang memberikan berbagai keuntungan dan peluang bagi anda.

Bisnis franchise atau waralaba merupakan sebuah metode membuka bisnis dengan nama, merek dagang hingga produk dan bahan dari bisnis yang sudah ada. Ambil contoh merek bisnis franchise terkenal seperti McDonald’s, 7-eleven, Dunkin’ Donuts, Pizza Hut, Circle K dan masih banyak lagi. Semua merek bisnis franchise terkenal dan telah anda percaya kualitasnya.

Jika anda membandingkan dengan memulai bisnis perseorangan atau bisnis sendiri, membuka bisnis waralaba atau franchise memiliki berbagai aturan, system dan memerlukan keterampilan yang berbeda. Maka dari itu anda perlu mengetahui bagaimana franchise bekerja serta pro dan kontra dalam menjalankan jenis bisnis retail ini.

Apa saja peluang bisnis franchise?

Secara umum waralaba atau franchise merupakan cara bisnis dengan memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa dengan lisensi dagang. Pemegang franchise misalkan Anda, membayar biaya awal dan royalti kepada pemilik merek franchise untuk menggunakan merek dagang, logo, sistem bisnis waralaba serta hak untuk menjual produk dan mendapat dukungan dari pemilik franchise.

Ada dua bentuk bisnis franchise, pertama produk dan merek dagang dimana pemilik franchise menjual atau melisensikan hak untuk menggunakan merek dagang tertentu. Jenis lainnya, franchise dengan format bisnis yaitu pemilik bisnis menyediakan layanan dan dukungan kepada pemegang franchise. Akan tetapi, umumnya bisnis franchise menggabungkan kedua bentuk franchise ini.

Memulai bisnis franchise merupakan kesempatan bekerja untuk diri sendiri namun tidak sendiri.

Keuntungan memulai bisnis franchise

Memulai sebuah bisnis cukup sulit dan memerlukan niat yang kuat. Pemilik bisnis retail tak hanya harus menghasilkan ide bisnis dan rencana bosnis, mencari lokasi, pemasok produk, memperkerjakan karyawan dan melakukan strategi pemasaran melalui berbagai media. Akan tetapi, jika salah dalam mengambil langkah bisa menyebabkan kegagalan bisnis.

Memulai bisnis tentunya memiliki resiko, bahkan franchise pun memiliki resiko namun salah satu manfaat membuka franchise dibandingkan dengan bisnis perseorangan adalah kesempatan sukses yang lebih tinggi.

Berikut adalah beberapa keuntungan lain membuka bisnis retail franchise:

1. Memulai bisnis lebih cepat

Membuka bisnis franchise jauh lebih cepat daripada membuka bisnis perseorangan. Hal ini dikarenakan, franchise sudah memiliki model bisnis dan pemilik franchise mungkin sudah memiliki panduan agar pemegang bisnis bisa mengikuti cara sukses tersebut.

Anda tidak perlu repot membuat menu, memikirkan proses dan model bisnis, sehingga masa perencanaan bisnis menjadi lebih mudah. Jika Anda ingin membuka bisnis lebih cepat, franchise bisa menjadi pilihan Anda.

2. Pelatihan dan Dukungan

Franchise adalah bisnis tim, sehingga pemilik franchise akan selalu meningkatkan dan mempertahankan reputasi bisnis yang solid dengan memastikan bahwa semua toko franchise beroperasi sesuai standar tertentu.

Untuk itu, pemengang bisnis franchise dan karyawan akan mendapatkan pelatihan dan dapat mengandalkan dukungan dari pemilik bisnis franchise. Termasuk aspek operasional, teknis, mengelola keuangan, cara mempekerjakan karyawan hingga membangun relasi yang baik dengan pelanggan.

Jangan takut atau malu untuk menanyakan masalah Anda, karena bagaimanapun juga kesuksesan Anda ada kesuksesan mereka.

3. Panduan memilih lokasi

Menentukan lokasi bisnis bisa menjadi salah satu hal yang paling sulit bagi pengusaha retail. Tentu anda mengingkan area yang ramai dilalui para pejalan kaki dan tidak terlalu banyak pemilik bisnis sejenis.

Tak perlu khawatir, seringkali pemilik bisnis franchise yang sudah mapan akan membantu anda menemukan area yang optimal. Mereka akan melakukan penelitian manakah arena yang paling sesuai untuk bisnis mereka.

4. Merek yang terkenal

Jika anda membuka bisnis baru anda sendiri dengan produk yang hebat, namun bagaimana masyarakat tahu tentang bisnis anda? Butuh waktu bertahun – tahun bagi para pengusaha retail untuk membangun reputasi dan pelanggan yang setia.

Berbeda jika anda membuka bisnis franchise dengan mereka yang sudah dikenal. Akan menjadi lebih mudah bagi anda karena masyarakat sudah mengetahui merek dan kualitas produk anda.

5. Pembelian dalam jumlah besar

Mungkin Anda tidak memperhatikan keuntungan yang satu ini, namun hal ini jelas memberikan perbedaan antara bisnis franchise dengan bisnis perseorangan. Franchise mewajibkan semua toko menjual produk yang sama dan membelinya stok produk atau bahan dari satu tempat yang sama untuk menjaga kualitas produk.

Hal ini memungkinkan pemilik franchise membeli bahan dalam jumlah yang besar untuk memenuhi kebutuhan semua pemengang franchise. Misalkan, bisnis perseorangan akan membeli stok bahan dalam jumlah 100 unit, sementara bisnis franchise bisa membeli dalam jumlah 100.000 unit untuk semua toko franchise yang tentu saja dengan harga yang lebih murah.

6. Biaya Pemasaran

Bisnis retail kecil atau perseorangan biasanya mendapatkan pelanggan berdasarkan rekomendasi dari mulut ke mulut, media sosial dan lainnya. Mereka melakukan semua strategi pemasaran sendiri sesuai dengan kemampuan mereka.

Lain halnya dengan bisnis franchise, pemilik franchise akan membantu mengembangkan program pemasaran melalui dana pemasaran kooperatif. Program dimana pemegang franchise dapat membayar strategi pemasaran dengan bantuan pemilik franchise, seperti promo di toko franchise tertentu atau acara khusus yang berlangsung hanya di satu toko franchise saja.

7. Dukungan rekan franchise

Salah satu keuntungan membuka bisnis franchise adalah jaringan sesame pemegang bisnis franchise ini. Kesuksesan satu toko franchise akan membantu keuntungan rekan – rekan pemegang bisnis franchise lainnya. Selain itu, memiliki bisnis dalam 1 merek yang sama memungkinkan setiap pemegang franchise saling memberi saran dan dukungan. Menjalankan bisnis sendiri tidak akan terasa seperti melakukan sendirian. Tidak hanya itu, biaya awal dari royaliti yang anda keluarkan membantu anda  mendanai biaya kantor pusat, perekrutan dan pelatihan karyawan baru serta pemasaran dalam skala besar.

Peluang franchise apa yang menarik minat anda?

Bisnis retail franchise memberikan para pengusaha berbagai pengalaman memiliki usaha tanpa kesalahan yang dilakukan oleh pengusaha pemula. Jenis bisnis retail ini juga membantu anda memperluas dan mengembangkan bisnis lebih cepat dengan system operasional yang mantap, serta dukungan dan saran dari pemilik franchise maupun sesame pemegang franchise.

Bagi anda yang ingin memulai bisnis dan menikmati kebebasan namun ingin berkembang bersama tim bisnis, franchise bisa menjadi pengalaman bisnis terbaik.