Penghasilan Nelayan Meningkat Berkat Lobster Danau Toba

Usaha Dagang, Usaha Dagang Bertani – Dalam beberapa tahun terakhir, penghasilan sejumlah nelayan air tawar yang berada si perairan Danau Toba, Kabupaten Toba Samosir. Mengalami suatu peningkatan, menyusul setelah harga dan hasil tangkapan lobster air tawar mengalami kenaikan harga.

Harga dari lobster air tawar dengan ukuran besar taksiran 4 – 7 ekor perkilonya yang dijual dengan harga RP 70.000 – RP 80.000 perkilogram. Sedangkan ukuran yang kecil dan sedang Rp 50.000 – Rp 60.000 per kilogram.

Dalam satu hari, biasanya nelayan air tawar dapat memperoleh hasil tangkapan rata – rata 2 hingga 4 kilogram. Nelayan menjual lobster kepada pengumpul ikan yang berada di kota siantar. Dua kali dalam seminggu. “kalau tangkapan lobster hanya sedikit, kami biasanya menjual kepasar tradisional. Akan tetapi kalau sudah jumlah besar, lobster ditampung oleh pengumpul dan toke ikan. Hasil tangkapan lobster sangat membantu perekonomian nelayan di Danau Toba”. Ujar salah satu nelayan di kecamatan Porsea, Wangtao Napitupulu.

Nelayan berharap, masyarakat tidak meracun lobster di Danau Toba, atau di daerah aliran sungai (DAS). Karena beberapa bulan terakhir, keberadaan dan juga hasil tangkapan sejumlah nelayan lobster mulai berkurang.