Ingin Bisnis? Ini 5 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2020

Usaha Dagang, Bisnis – Setiap tahun, tren peluang usaha selalu berubah dan para pengusaha pun selalu dituntut untuk bisa survive dalam menghadapi perubahan tren. Mereka butuh semacam informasi dan panduan untuk bisa menyusun sebuah strategi bisnis menghadapi tantangan ke depan dan jenis usaha yang akan menjadi tren.

Dengan memilih bisnis yang tepat dan menemukan potensi yang akurat, Anda akan menemukan peluang usaha yang bisa menguntungkan di tahun 2019 – 2020.

Dengan diberlakukannya sistem free trade area menjadikan peta persaingan perdagangan menjadi lebih luas dan mengglobal, dan ini memaksa para pengusaha untuk bisa lebih siap dengan persenjataan, kreativitas, serta amunisi untuk bisa bertahan dan bertarung dengan pesaing asing yang bisa dipastikan akan menggempur pasar lokal.

Indonesia adalah pasar yang besar, dimana penduduknya terbanyak keempat di dunia.Hal ini tentu membuat kita memiliki potensi lokal yang sangat besar dan sangat layak untuk bisa digali.

Berikut adalah ide bisnis peluang usaha baru yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Peluang usaha produk tradisional dan natural

Indonesia merupaka negara dengan adat ketimuran yang masih kental dengan tradisi. Nah Anda bisa menjalankan usaha dengan modal kecil, namun dengan produk yang mengedepankan konsep alami dan sehat secara alami, dengan konsep bisnis yang mengangkat nuansa tradisional seperti tenunan, batik, atau anyaman tradisional.

2. Membuka usaha cafe & food beverage

Urusan  perut memang tidak akan ada matinya, apalagi dengan membuka bisnis yang menawarkan usaha pangan seperti restoran dan cafe. Anda bisa menawarkan produk yang berbeda dengan yang lainnya, bisa lebih modern atau justru berani untuk bisa menambahkan tampilan dan rasa yang menimbulkan rasa penasaran.

3. Peluang usaha di bidang pertanian dan perkebunan

Peluang usaha di bidang pertanian memiliki skala persaingan ketat, yang notabene adalah bisnis premier semacam bisnis agro yang akan menjadi peluang usaha di tahun 2019,  dan bisa dikembangkan kembali untuk bisa menggali potensi, seperti kayu keras jati atau jabon, produk buah-buahan dan sayur mayur, bio energi atau bahan baku untuk pembuatan kertas dan kain.

4. Ide usaha di industri kreatif

Kreativitas merupakan salah satu nilai jual ekonomi yang bisa dijadikan potensi luar biasa. Seperti patung kayu karya pemahat Bali, yang mana sebongkah kayu bekas bisa dihargai puluhan juta. Masih banyak lagi ide brilian dari kreativitas yang bisa dikembangkan untuk bisa memasuki dunia industri muski, kerajinan tangan, fashion, interior desain, dan masih banyak lagi.

5. Ide bisnis jasa publisher

Di mata dunia Indonesia ternyata cukup terkenal di mata para pakar dunia publisher. Banyak negara seperti Brunei, Malaysia, Thailand, yang justru menggunakan jasa penyedia publisher di Indonesia untuk kebutuhan publishing mereka, seperti jasa pembuatan content writer untuk bisnis online, website marketplace, web desain dan lain sebagainya.