Peluang Usaha Yang Meguntungkan Dari Limbah Kulit Kerang

Usaha Dagang, Bisnis – Saat ini banyak orang yang sangat menggemari makanan dengan hidangan seafood, sehingga bagaimana dengan limbah seafood? salah satunya merupakan kulit kerang. Dalam menggarap peluang usaha dari limbah kerang ini adalah Mulyadi (35). Sebagai salah seorang pengerajin aneka furniture dan berbagai lampu lampion, karena melihat limbah tersebut memiliki suatu potensi yang sangat besar. Dalam pemanfaatan dari limbah kulit kerang ini memang banyak di cari orang.

Limbah kerang yang bisa dijadikan suatu bahan kerajinan kalung yang harganya tidaklah begitu mahal, bahkan juga sering hanya dijadikan suatu bajan pengeruk jalan. Salah satu alasan inilah yang menjadi pendorong Mulyadi memilih limbah kulit kerang sebagai bahan pembuatan furniture. Mulyadi juga menutur bahwa perabot yang terbuat dari bahan kayu ini juga sangat mahal dan sulit untuk mendapatkan bahan bakunya. Disamping itu, para pecinta furniture kayu juga akan merasa jenuh dari hari ke hari.

Survey Bahan Baku

sebelum menggarap suatu peluang usaha ini, ia juga melakukan pengecekan dari ketersediaan bahan baku. “jikalau jumlah bahan bakunya sedikit walaupun murah pastinya nanti bisa menjadi suatu kendala, ujarnya”. Pada saat ini Mulyadi telah memiliki pemasok limbah kulit kerang yang berasal dari Lampung dan jawa timur, dan sanggup memberikan pemasokan yang lumayan cukup banyak. Harga dari kulit kerang ini bisa mencapai RP.3000 hingga sampai RP.60.000/KG. Harga dari kulit kerang itu juga di tentukan dari jenis kerang yang diinginkan. Kerang teratai, kerang putri salju, ataupun kerang berwarna lebih dibandingkan kerang bulat biasa dan tidak memiliki warna. Lerang putri salju memang agak sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kerang bulat biasa dan tidak berwarna. Kerang simping ataupun kerang Jrebeng tidak semua kerang memiliki harga yang sama dan tidak semua kerang juga bisa dibeli untuk dijadikan bahan baku dalam pembuatan kerajinan. setelah disortasi, hanya ada tersisa 1/3 sebagian kerang bisa digunakan.

Untuk biaya pengadaan kerang untuk dijadikan biaya terbesar dari biaya produksi yang diperlukan. setiap bulan ia akan membutuhkan kulit kerang sebanyak 70kg. “untuk membuat satu meja ataupun satu kursi itu rata – rata membutuhkan setidaknya 3kg, ujarnya”.

Proses Pembuatannya

. Melakukan sortasi limbah kulit kerang
. Dipilih hanya kulit kerang memiliki ukuran yanb lebar
. Setelah melakukan pemilihan, kulit kerang dicuci dan dikeringkan
. Kerang dimasukan kedalam oven dan diberikan juga beberapa bahan kimia tertentu agar menjadi lunak. tujuannya agar kulit dari kerang sesuai bentuk yang diinginkan.
. Menggunting kulit kerang sesuai dengan bentuk yang telah diinginkan.
. Hasil guntingan lalu dirangkai dengan kap lampu ataupun ditempel dalam media yang diinginkan, misalnya logam, maupun fiberglass.
. Agar terlihat keras dan mengkilat, kerang tersebut dilapisi dengan coating.

Pemasaran

untuk memasarkan produknya, maka ada beberapa cara yang telah ia tempuh. Salah satunya adalah cara ampuh yaitu ikut berbagai pameran. “dengan mengikuti cara ini saya pati akan dapat bertemu dengan banyak calon mitra yang pastinya berpotensi ikut membantu dalam melakukan penjualan prouk saya, ujarnya”. Sebagai salah satu mitra binaan dari PT. Jasa Rahardja, ia telah mendapatkan sebuah dana pinjaman uang tunai sebesar RP.30.000.000. dengan masa angsuran sampai 2tahun. Keuntungannya tidak hanya karena saya mendapatkan dana bantuan untuk suatu modal, akan tetapi saya menjadi sering di ajak ketempat pameran, papar bapak dari 4 puta ini. Cara dalam melakukan pemasaran berikutnya, menitipkan produknya kepada perusahan – perusahaan furniture yang berada di jepara.perpanduan cara melakukan pemasaran tersebut terbukti sangat ampuh. Furniture kulit kerang buatan dari bapak Mulyadi telah merambah ke pasar luar negeri. Diantaranya adalah Spanyol, Malaysia, Inggris, dan Amerika. akan tetapi sayangnya ia belum juga dapat secara langsung menjual produk buatannya keluar negeri, saat ini masih menggunakan jasa eksportir.