Alasan China Sering Menginvestasi Tambang Batu Bara Indonesia

Usaha Dagang, Dunia – China adalah peminat batubara yang lebih tinggi di dunia. Karena batubara dalam bahan bakar pembangkit listrik utama di negara ini.

Antara mengatakan, China mengkonsumsi batubara sebesar 1.907 Mtoe per tahun dan menjadi yang tertinggi di dunia. Cina ahli kebijakan ekonomi Christine Susana Tjhin mengungkapkan tingginya konsumsi batubara merupakan salah satu faktor investasi China di tambang batu bara di Indonesia.

Sementara itu, dua negara yang mengkonsumsi banyak batubara ditempati oleh India dengan jumlah konsumsi dari 452 Mtoe per tahun. Christine unclog konsumsi batubara pertama dan posisi kedua jauh melayang.

Di posisi ketiga itu ditempati oleh Amerika Serikat dengan total konsumsi 317 Mtoe. Sementara itu, Indonesia menempati urutan kesembilan dengan konsumsi 62 Mtoe.

Christine berdasarkan penelitian, konsumsi batubara yang lebih tinggi di Cina benar-benar datang dari daerah pedesaan daripada di kota. Hal ini terbukti dari emisi dari rumah tangga pada tahun 2015 disumbangkan dari desa dengan lebih dari 100 Mt CO2. Sementara itu, emisi di kota hanya di kisaran 30 Mt CO2.

Sebagian besar industri batubara China digunakan untuk menghasilkan listrik dengan berbagai 53,85 persen. Selain itu, karbon untuk industri industri baja dan kimia digunakan.

Belum lama ini, lembaga-lembaga keuangan China menyediakan dana lingkungan pendanaan ‘hijau’ berdasarkan pada nilai 7,4 miliar yuan, setara Rp15,6 triliun.

Dana tersebut dilaporkan untuk membiayai proyek-proyek batubara di semester pertama 2019.