Sebanyak 43 Jenis Pajak yang Dibayar Pengusaha RI, Paling Banyak se-Asia Tenggara

Usaha Dagang, Keuangan – perusahaan jumlah pajak yang harus dibayar beroperasi di Indonesia mencapai 43 jenis. Demikian bunyi hasil penelitian lembaga riset global Legatum Institute.

Ini menempatkan Indonesia di pajak dari negara lain di Asia Tenggara.

Hasil penelitian yang disampaikan Institute Direktur Legatum Kebijakan Stephen O’Brien mengatakan bahwa jenis pajak di Indonesia ada 43 jumlahnya.

“Jumlah pembayaran pajak per tahun telah menurun 65-43 sejak tahun 2009, yang masih yang terburuk di dunia, tidak lebih memberatkan daripada semua mitra ASEAN lainnya,” katanya dalam sebuah diskusi di kantor BKPM, Jakarta, Selasa (15/10).

Dibandingkan dengan negara-negara tetangga, berbagai pajak yang harus dibayar dalam satu tahun berturut-turut minimal 5 nomor yang ada di Singapura, Malaysia 8, Vietnam 10, India 11, Filipina 14, Thailand 21, Myanmar 31, dan Kamboja 40. Hal itu berdasarkan data dari Bank Dunia Doing Business 2019 sehingga rujukan Legatum Institute.

Namun, lamanya waktu yang dihabiskan untuk merawat pajak, Indonesia cukup baik, yaitu 208 jam dalam setahun.

“Waktu yang dihabiskan untuk mengajukan pajak telah menurun dari 259 jam per tahun untuk 208, yang sebanding dengan negara-negara seperti China dan India 207 jam 216 jam,” katanya.

Di India, Thailand, Myanmar, Laos, dan Vietnam perlu lebih banyak waktu untuk mengurus pajak.