Pengaruh Demo Hong Kong, Sebanyak 700 Orang Pegawai Restoran Terkena PHK

Usaha Dagang, Dunia – Berbulan-bulan kekacauan politik di Hong Kong melumpuhkan bisnis di kota. Akibatnya, pekerja restoran merasakan sakit karena kehilangan pekerjaan.

Seperti dikutip dari Cicc888 dari sumber terpercaya, Minggu (9/8/2019), sejak Juni setidaknya 700 karyawan restoran kehilangan pekerjaan.

Tidak hanya itu, mereka yang selamat dari PHK masih dibayangi oleh ketidakpastian. Banyak restoran meminta karyawan mereka untuk mengambil cuti berbayar. Itu menurut juru bicara serikat yang mewakili sekitar 9.000 anggota.

Selain restoran, hotel-hotel besar juga meminta pekerja untuk tinggal di rumah sementara tanpa pembayaran. Itu karena bisnis hotel melambat.

“Anda semua tahu situasi yang dihadapi Hong Kong sejak awal Juni 2019 dengan protes,” kata manajer umum properti Claus Pedersen.

Berdasarkan informasi dari Michael Chan, penyelenggara di Serikat Karyawan Umum dan Industri Hotel, kelompoknya telah menemukan bahwa sebanyak 14 hotel telah meminta pekerja untuk mengambil cuti yang tidak dibayar.

Kondisi ini disebabkan oleh penurunan hunian hotel. Jika biasanya hunian hotel dapat menyentuh 70% hingga 80%, sekarang sudah mendekati 50%, dan pada satu titik bahkan turun menjadi hanya 20%.