Melakukan Transfer Antar Bank dengan Biaya Rp 3.500

Usaha Dagang, Keuangan – Bank Indonesia (BI) mengurangi biaya transfer antar bank atau transfer dari Rp5.000 per transaksi menjadi hanya Rp3.500. Aturan ini berlaku mulai 1 September 2019, tetapi hanya untuk sistem kliring nasional BI (SKNBI).

Lalu apa itu SKNBI? SKNBI adalah sistem pembayaran yang efisien, cepat, aman dan andal yang mendukung stabilitas sistem keuangan. Sistem ini memungkinkan dana untuk ditransfer secara elektronik termasuk kliring debet dan kliring kredit.

Memang, sistem kliring ini membuat transaksi lebih murah untuk mengirim dana atau mentransfer uang. Namun, harus diingat, penggunaan kliring juga memiliki jadwal tertentu.

Pada 1 September 2019, kliring akan dilakukan 9 kali atau setiap jam pada hari kerja. Sebelumnya, pengiriman uang melalui kliring hanya dilakukan dua kali sehari.

Mengutip situs web BI, jam operasional kliring debit diselesaikan pada hari yang sama, kecuali untuk wilayah Jakarta dan Surabaya yang dilakukan pada hari berikutnya atau D + 1. Sementara itu, kliring kredit dimulai pada pukul 08.15 WIB hingga 15.30 WIB.

Jika tidak perlu terburu-buru mengirim uang, pelanggan dapat menggunakan layanan kliring sebagai transfer alternatif. Namun, jika pelanggan sangat mendesak, pilihannya adalah menggunakan layanan transfer online dengan biaya umum Rp6.500-Rp7.500 per transaksi.

Bagaimana menemukan sistem kliring untuk transfer uang? Sekarang, jika Anda memiliki mobile banking atau internet banking, Anda akan diminta untuk memilih transfer uang dengan RTGS, online, atau kliring (kliring). Transfer menggunakan kliring ini juga dapat dilayani di kantor cabang bank.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Operasi Sistem Pembayaran BI Edi Susianto berharap bahwa pengurangan biaya transfer uang menggunakan sistem kliring dapat meningkatkan volume transaksi publik.

“Ini semua untuk meningkatkan transaksi, memberikan layanan yang lebih cepat, dan mengakomodasi kebutuhan publik untuk transaksi nominal yang lebih besar. Jadi, itu dapat dihapus dengan biaya rendah, tetapi kecepatannya sama dengan RTGS,” katanya kemarin.

Kemudian, BI mengambil bagian dalam mengeluarkan kebijakan untuk memangkas transfer dana. Saat ini, transfer berlangsung dalam dua jam dari pelanggan ke bank, kemudian dua jam lagi dari bank ke BI, sehingga total menjadi empat jam.

Namun, durasi transfer akan dipotong menjadi satu jam dari pelanggan ke bank dan satu jam dari bank ke BI.

“Di masa depan, bank harus melanjutkan tidak lebih dari satu jam (dari pelanggan ke bank, kemudian satu jam lagi dari bank ke BI), jadi dari empat jam hingga maksimal dua jam,” kata Edi.