Impor Ayam Brazil Dibuka, Mendag: Tidak ada Masuk Hingga sekarang

Usaha Dagang, Dunia – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito mengatakan bahwa sejauh ini belum ada daging ayam yang diimpor dari Brazil yang telah mendarat di Indonesia. Meski begitu, Enggartiasto mengatakan ini tidak ada hubungannya dengan larangan impor.

Sebelumnya, Indonesia kehilangan gugatan dari Brasil pada sesi Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dalam kasus impor daging ayam. WTO memutuskan bahwa Indonesia akan membuka kembali impor daging ayam dari Brasil.

“Masuk tidak diperbolehkan (daging ayam impor Brasil). Izin tidak dilarang tetapi tidak masuk,” kata Enggar setelah memberikan konferensi publik di Sekretariat Kepolisian Nasional, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Senin (16/9).

Saat ini, kata Enggar, pihaknya masih menjamin standar halal untuk hewan dan produk hewani di Brasil.

“Saya bilang makanan itu dipelajari halal atau tidak. Jadi kami tidak melarangnya, kami kehilangan (di WTO). Saya bilang itu terbuka (impor) tapi tidak masuk, bagaimana kami bisa mengirim orang tahun depan (untuk memverifikasi halal”, katanya.

Dia juga menekankan bahwa daging impor yang telah masuk ke Indonesia harus dijamin halal, baik pakan, cara memotong dan hal lainnya.

Sebelumnya, Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 29 tahun 2019 menjelaskan masalah pencabutan label halal untuk hewan dan produk hewan yang masuk ke Indonesia.

“Jadi, ini adalah undang-undang dan kemudian persyaratan kami dari Kementerian Pertanian yang memerlukan halal. Jika kami memasukkannya (label halal), kami takut tumpang tindih,” katanya.