Harga Ayam Anjlok, Ratusan Peternak Menghampiri Kantor Darmin

Usaha Dagang, Jakarta – Sebanyak ratusan peternak ayam menyeruduk kantor Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution. Mereka menuntuk kepada pemerintah untuk turun tangan menyelesaikan permasalahan harga ayam hidup yang begitu turun sekali.

Berdasarkan dari pantauan UsahaDagang di lokasi, Kamis (05/09), terdapat sekitar 100 lebih peternak ayam yang berkumpul di depan kantor Darmin. Mereka semua berkumpul sejak pukul 10:00 WIB. Salah satu peternak, Sugeng Wahyudi menyampaikan peternak yang datang dari Bandung, Bogor, Cirebon dan beberapa kota yang ada di Jawa Tengah.

Dia mengatakan anjloknya harga ayam hidup di tingkat peternak sudah sampai Rp 8.000,- rupiah per kilogram (kg).

“Satu bulan sebelum tsunami (harga ayam begitu turun sekali) turunya harga ayam hidup (live bird/LB) Juni lalu, kembali harga LB mendekati harga terendahnya pada bulan Agustus 2019 yaitu Rp 8.000,- rupiah per kg,” ucapnya di lokasi aksi demonstrasi.

Pihaknya mencatatkan, dalam kurun waktu 9 bulan di tahun 2019, harga ayam hidup telah dua kali mengalami penurunan di tingkat peternak. Kendalanya diduga karena over supply produksi ayam hidup. Hal ini dipercayai karena harga ayam hidup begitu merosot di bawah harga pokok produksi (HPP) peternak.

Pendapatnay kendala – kendala permasalahan jatuhnya harga ayam hidup sudah terlihat sejak di bulan Agustus 2018 lalu. Harga ayam hidup selalu di bawah HPP peternak yang puncaknya terjadi pada bulan Juni 2019 dan kembali terjadi di bulan Agustus 2019.

Pihak peternak, sambung dia sudah melakukan berbagai uasha agar pemerintah ikut turun tangan menstabilkan harga. Tapi pihaknya menilai tidak ada solusi yang cocok sehingga peternak harus kembali menelan pil pahit ini.

“Tapi tidak pernah ada solusi yang tepat dan berkepanjangan. Tercatat puluhan rapat koordinasi dan evaluasi yang melibatkan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perekonomian hingga Bareskrim Polri semunya berusaha penuh,” sambungnya.