Perusahaan Perakit Mobil Tesla Menyatakan Sudah Bangkrut

Usaha Dagang, Bisnis – Pabrik perakitan mobil Jerman Eisenmann dinyatakan bangkrut pada Senin (5/8). Eisenmann juga dikenal sebagai perakit mobil Tesla.

Eisenmann mengajukan kebangkrutan melalui Pengadilan Distrik Stuttgart, Jerman. Perusahaan pada 2017 berhasil membukukan pendapatan tahunan US $ 806 juta, setara dengan Rp 11,2 triliun (nilai tukar Rp 14 ribu) pada 2017, dengan total 3 ribu karyawan.

“Ini adalah contoh dari tekanan besar yang timbul dari pemasok mobil. Kami memperkirakan kondisinya akan lebih baik dalam waktu dekat,” kata seorang analis dari Evercose ISI, dikutip oleh Reuters, Selasa (6/8/2019).

Dikutip dari CNBC Indonesia, Eisenmann, yang berbasis di Boeblingern, Jerman, mencari mitra strategis untuk Paint & Assembly, serta bisnis aplikasi teknologi. Menurut Eisenmann, sudah ada calon pembeli yang telah menyatakan minatnya.

Kebangkrutan terjadi karena pemasok mobil dan produsen mobil yang lebih besar, termasuk Daimler dan Continental, telah mengeluarkan sinyal tentang laba, yang dipicu oleh penurunan permintaan yang lebih buruk dari perkiraan untuk produksi mobil.

Eisenmann juga mengalami masalah likuiditas. Ini karena proyek besar yang dimulai pada 2018 menyebabkan kerugian besar dari tahun ke tahun. Namun, seorang juru bicara menolak untuk memberitahunya proyek mana yang menyebabkan perusahaan bangkrut.