Pengusaha Menyakinkan Milenial Tidak Perlu Takut Garap Bisnis Online

Usaha Dagang, Bisnis – Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani mengatakan industri digital menjadi sangat baik. Khususnya di Indonesia, beberapa toko elektronik berstatus unicorn.

Rosan mendorong anak muda untuk tidak takut memulai bisnis digital. Dia memberi contoh perusahaan bernilai tinggi yang saat ini merupakan perusahaan e-commerce.

“Saya pikir orang muda lebih kreatif, teruskan. Jika Anda ingin mulai dari sekarang, saya pikir ekonomi digital akan sangat baik, jika di masa lalu perusahaan besar terlibat dalam industri minyak, sekarang apa? Amazon, Alibaba , Google, “kata Rosan di kota Kasablanka, Jakarta. , Sabtu (8/10/2019).

Masalah modal Rosan mengatakan tidak perlu khawatir, asalkan ide perusahaan yang baik bermanfaat bagi investor. Dia membandingkan masa lalu dengan pinjaman modal bank, yang membutuhkan banyak kondisi.

“Dengan modal, jika Anda meminjam bank, Anda bertanya apa jaminannya, apa sejarah perusahaan Anda, apa pengalaman Anda, sekarang mudah. ​​Sekarang, yang penting adalah bagaimana ide perusahaan Anda,” kata Rosan .

Rosan juga memberi tahu saya sekarang bahwa perusahaan-perusahaan besar tidak takut kehilangan. Dia bahkan mengatakan bahwa unicorn Indonesia secara finansial dirugikan, tetapi masih ada investor yang ingin membantunya.

“Sekarang perusahaan telah kehilangan nilainya, sekarang perusahaan kehilangan tetapi nilainya naik. Misalnya, ada Gojek, Traveloka, Bukalapak, Tokopedia, nilainya besar. Nilainya besar, pembiayaannya? Masih kalah sejauh ini, “kata Rosan.

Rosan menambahkan, potensi arus investasi di Indonesia cukup besar. Pada bulan Januari saja, US $ 1,2 miliar diinvestasikan dari luar kawasan Asia, 77% masuk ke Indonesia.

“Investasi dari luar kawasan ke Asia, 77% masuk ke Indonesia. Pada Januari saja, 1,2 miliar dolar, 77% masuk ke Indonesia,” kata Rosan.