Pembuatan Pabrik Baterai Morowali di Bantu Perusahaan ‘Iron Man’

Usaha Dagang, Dunia – Pembagunan pabrik bahan baku baterai lithium di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah telah berjalan, Investasinya telah sebesar US$ 4 miliar.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhur Binsar Pandjaitan menyampaikan, investasi pabrik baterai lithium tersebut dilakukan oleh banyak perusahaan salah satunya yaitu milik Elon Musk yang dijuluki dengan nama ‘Iron Man’.

“Melalui macam-macam, terdapat Volkswagen masuk, LG masuk, Tesla masuk, biarpun mungkin porsinya sedikit-sedikit,” ucap Luhut seperti dikutip beberapa waktu di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (23/07).

Elon Musk dikenal sebagai pemilik Tesla, salah satu perusahaan yang melakukan produksi mobil listrik. Selain itu, ucap Luhut, ada juga CATL yang berkongsi bersama LG, Volkswagen, hingga Mercedes.

Dari total komitmen, Luhut menyampaikan telah ada US$ 1 miliar yang direalisasikan selama proses pembangunan pabrik.

Ketertarikan banyaknya perusahaan yang bergabung dalam membangun pabrik bahan baku baterai lithium karena Indonesia mempunyai potensi besar. Apalagi, dalam waktu dekat ini aturan berkendara listrik akan diterbitkan.

“Mereka masuk karena mereka melihat bahan baterai tersebut banyak di Indonesia,” ucap dia.