Mencari Penghasilan dari Balapan Tamiya

Usaha Dagang, Bisnis – Mobil mini 4WD alias Tamiya masih banyak penggemarnya. Mainan yang satu ini tidak kehilangan ‘Hype’ meski sudah digempur dengan berbagai permainan digital.

Satu hal yang masih diperhatikan yaitu kompetisi Tamiya yang masih banyak digelar. Biasanya berbentuk balapan, kompetisi tersebut seakan menjadi ajang unjuk gigi para pemain Tamiya dengan sebuah mobil mini ‘settingannya’.

Kompetisi ini bisa sangat menguntungkan buat para pemenang, pasalsnya nominal hadiah yang diberikan cukup menggiurkan. Untuk kompetisi lokal saja hadiah yang diberikan bisa sekitar Rp 1-10 juta. Lain kelas lain lagi hadiahnya, kompetisi yang skalanya nasional bisa lebih besar penawaran hadiahnya tidak tanggung-tanggung total keseluruhan hadiah puluhan juta telah menanti para peserta yang unjuk gigi dalam permainan Tamiyanya.

Aloxx misalnya, pembalap asal Yogyakarta yang telah malan melintang di dunia Tamiya nusantara ini sempat bercerita kepada kami mengenai dirinya yang hingga sekarang ini masih menggantungkan hidup sebagai pembalap Tamiya.

Aloxx bercerita, penghasilan terbesar yang didapatkan dalam kompetisi yaitu dari memenangai kompetisi. Dia bercerita kompetisi yang skala nasional saja hadiah yang ditawarkan bisa puluhan juta rupiah, bulan hanya hadiahnya saja yang besar frekuensi kompetisinya juga cukup sering.

“Kejuaraan nasional saja bisa setiap bulan ada ya, tau tidak hadiahnya berapa? Kemarin itu saya baru selesai di Makassar mereka total hadiahnya Rp 50 juta, Minggu ini di BSD penawaran total hadiahnya jika menang Rp 30 juta, lalu minggu ke depannya lagi di Bandung ada totalnya sampai Rp 80 juta lho,” ucap Aloxx ketika edang berbincang beberapa waktu lalu.

Aloxx bercerita paling besar dirinya pernah meraih hadiah sebesar Rp 40 juta karena memenangi suatu kompetisi. Itu baru kompetisi nasional, belum lagi kompetisi lokal yang sering diadakan setiap minggu, hadiah yang ditawarkan kisaran Rp 5-10 jutaan.

“Paling besar saya pernah mendapatkannya di Karawang tahun 2018 itu hampir Rp 40 juta kita menang. Maka tidak heran jika saya bilangbisa hidup dari sana, belum lagi event lokal setiap minggu bisa Rp 5 juta dan Rp 10 juta,” ucap Aloxx.

Bukan hanya hadiahnya yang menguntungkan buat anda, juara pun si pembalap Tamiya diuntungkan. Masih dari ceritanya Aloxx, karena titelnya yang telah menggunung beberapa pembalap lainnya ada yang meminta Aloxx untuk merakit Tamiya pesanan.

“Jadi jika rakitan, settingan, atau barang kita juara, nanti banyak yang ingin nawarin ke kita, ‘om aku ingin dibuatin mobil dong’ jika tidak ‘om aku mau barang ini dong oli ini dong’,” ucap Aloxx.

TIdak hanya si pembalap saja yang memperoleh keuntungan, promotor alias si pembuat kompetisi juga mendapat untung. Seperti Feri pemilik Brother Tamiya, dia sangat sering sekali membuat kompetisi, katanya untuk reward juga bagi para pemain, “Ya kan mereka telah ngerakit mau unjuk gigi juga dong, ya ini kompetisi saranannya,” pungkasnya.

feri sendiri rutin sekali membuat kompetisi seminggu sekali meski tidak besar namun hadiah yang ditawarkan cukup memikat. Biasanya untuk kompetisi mingguan dia memberikan total hadiah sebanyak Rp 1,5 juta. Ditambah dengan modal untuk sewa tempat dan lainnya, Feri mempersiapkan uang sekitar Rp 2-3 juta buat sekali race alias balapan.

“Biasanya ya terganung pada total hadiah ya, misal total hadiah Rp 1,5 juta, ya paling modal Rp 2-3 juta,” kata Feri.
Keuntungan yang diperoleh Feri dari uang pendaftaran, misalnya Ro 100 bisa buat kupon turun lintasan selama 50 kali. Nantinya, sis pemain bisa menurunkan mobilnya ke lintasan sebanyak 50 kali. Sekali kompetuisi 15-20 tim atau perorangan pesertanya.

Ibaratkan sambil menyelam minum air, Feri juga membawa dagangannya berupa spare part untuk para pembalap. “Kita sambil lomba juga membawa spare part ke sana, sekalian lah ya,” pungkasnya.