Buwas Berkata Tahun Ini Tidak Melakukan Impor Beras

Usaha Dagang, Dunia – Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) begitu yakin tahun ini Indonesia tidak perlu melakukan impor beras dari luar negeri. Hal tersebut asalkan cuaca dalam kondisi yang baik.

“Pada tahun 2019 ini insyaallah tidak impor. Next jika cuaca bagus, tidak perlu impor,” ucap Buwas ketika di Istana Negera, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (19/07).

Buwas percaya karena sekarang ini stok beras di gudang Bulog masih melimpah sekali. Bahkan, meskipun Bulog menggenjot penyaluran beras buat program bantuan pangan Non Tunia (BPNT), stok di gudang Bulog masih mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat.

“Relatif aman, boros-boronya kan setelah selesai 3 bulan ini masa panen. Ya kita menyerap lagi. Berarti jika itu normal, kita tidak perlu melakukan impor,” ucap dia.

Jika Indonesia tidak impor, sambung Buwas, pihaknya bisa lebih maksimal lagi menyerap beras petani. Harapnya, stok beras aman tapi harga beras di tingkat petani tidak anjlok dikarenakan dapat diserap penuh oleh Bulog sesuai dengan tingkatan harga beli yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Kan saya sudah berkata, kita tidak perlu melakukan impor. Saya membuktikan kan, begitu saya nolak untuk impor, saya serap maksimal dalam negeri,” ucap dia.