Mengenai Perang Dagang, Pesan Jokowi ke Presiden China

Usaha Dagang, Dunia – Menjelang pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Republik Rayat Tiongkok (RRT) Xi Jinping dalam Konferensi Tingikat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, Presiden Joko Widodo mengatakan harapannaya agar pada pertemuan kepala negara dari dua negara adidaya tersebut bisa memberikal hasil kesepakatan yang adil dan saling menguntungkan juga.

Harapan tersebut juga sagat diharapkan langsung oleh Presiden Jokowi ketika melakukan pertemuan bilateral bersama Presiden Xi di sela acara KTT G20 pada hari Jumat, 28 Juni 2019.

“Besok (Sabtu, 29/06) rencananya akan ada pertemuan antara Presiden Donald Trump bersama Presiden Xi, Presiden Jokowi sangat mengharapkan mudah-mudahan akan ada terobosan yang singnifikan,” ucap Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi pada keterangannya di Hotel New Otani, Osaka, Jepang, setelah mendampingi Presiden pada pertemuan bilateral itu, diambil dari siaran pers Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat, Sabtu (29/06).

Mengenai perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) memang menjadi salah satu isu yang dibicarakan antara Presiden Joko Widodo dengan jajaran kabinetnya pada rapat terbatas yang digelar sebelum pelaksanaan KTT G20 di Osaka.

Selain itu, Presiden Jokowi dan Presiden Xi, pada pertemua tersebut, turut membicarakan kerja sama bila teral kedua negara. Keduanya diyakini membahas megenai upaya-upaya yang akan dilakukan ke depannya untuk mengurangi defisit perdagangan antara Indonesia serta RRT.

“Namun dibahas juga mengenai tahun lalu import RRT terhadap CPO (Crude Palm Oil) Indonesia telah melampaui angka satu juta ton yang berarati telah lebih dari angka yang sudah dijanjikan oleh Presiden XI sebelumnya,” katanya.

Lalu, Retno berkata, Presiden Xi mengatakan bahwa pihaknya akan kembali menggelar China Internasional Import Expo (CIIE) pada tahun ini sekaligus mengharapkan partisipasi Indonesia melalui pameran dagang tersebut. Tahun lalu, Indonesia ada berpartisipasi dalam pameran dagang terbesar di RRT tersebut.

“Rencananya kita memang ingin mengikuti dan dari pihak Tiongkok akan memberikan perhatian secara khusus kepada Indonesia,” ucapnya.

Pada pertemuan tersebut, Presiden Xi mengatakan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Jokowi pada pemiliihan presiden 2019.

“Sekali lagi saya mengucapkan selamat untuk meraih kemenangan Bapak dalam pilpres 2019. Ini memperlihatkan dukungan dan penakuan dari rakyat Indonesia atas pemerintahan Bapak selasma lima tahun ini,” kata Presiden Xi.

“Terima kasih, senan bisa bertemu kemblai. serta ucapan terima kasih atas pengumuman hasil pemilu di Indonesia,” ucap Presiden Jokowi.

Turut hadir dalam mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Menteri Perdagangan Enggartiasto LUkita, Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong, Staf Khusus Presiden Adita Irawati serta Duta Besar Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif.