Sempat Naik Harga Bawang Putih Jakarta Rp 100.000, Kini Menjadi Rp 50.000

Usaha Dagang, Jakarta – Harga bawang putih di Jakarta sudah mulai turun yang sebelumnya naik menjadi Rp 100.000/kg. Hari ini, Jumat (10/05/2019) sudah turun menjadi Rp 50.000/kg.

Salah seorang pedagang di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Utel menyampaikan harga bawang putih sudah mulai turun sejak kemarin, (09/05). Pendapatnya, stock bawang putih dari Pasar Induk Kramat Jati sudah mulai berdatangan.

“Bawang putih Rp 50.000/kg, baru kemarin, baru dua hari saja. Saya mengambil di Pasar Induk Kramat Jati. Kemarin pas mahal memang sedikit, kini sudah banyak sekali. Katanya sih impor dari Cina,” ucap Utel.

Sebelumnya, harga bawang putih di Pasar Senen, ucap Utel, memang sudah tinggi.

“Untuk paling tinggi Rp 80.000/kg bagi yang biasa, jika yang kating biasa mencapai Rp 100.000/kg kemarin itu,” tambah dia.

Tapi, ketika kami mencoba memantau ke Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, harga bawang putih masih cukup tinggi. Untuk bawang putih kating masih mencapai tingkat Rp 80.000/kg. Sebelumnya di Pasar Jatinegara sempat menyentuh Rp 100.000/kg.

Pendapat Endah, salah seorang pedagang di Pasar Jatinegara, harga tersebut masih belum tertahan dari awal bulan ramadhan (06/05). Biarpun sudah cukup banyak stok bawang putih, tapi untuk penurunan harga membutuhkan waktu.

“Memang bawang putih sudah cukup banyak, namun tidak bisa langsung turum saja,” terang Endah.

Lalu, pendapat Mahdi, pedagang lain di Pasar Jatinegara, tidak lama lagi akan ada penurunan harga dari bawang putih, dan kemungkinan bisa turun hingga Rp 60.000/kg. Karena sekarang ini stoknya sudah cukup banyak.

“Bawang putih sudah cukup banyak. saya jual Rp 70.000/kg. Sebentar lagi juga akan turun lagi menjadi Rp 60.000/kg,” ucap Mahdi.

Ketiga pedagang tersebut mengatakan, pembeli mengeluh berhubungan dengan harga bawang putih yang begitu tinggi. Namun, pada bulan puasa ini kebutuhan pangan begitu tinggi, sehingga masih begitu banyak yang membeli bawang putih.