Pengusaha Meminta Kepada Jokwi Kembali Memikirkan Rencana Pemindahan Ibu Kota

Usaha Dagang, Jakarta – Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi B.Sukamdani mengatakan bahwa pemindahan ibu kota Jakarta ke luar Jawa akan membawa dampak yang positif, khususnya bagi dunia usaha.

Dengan adanya pemindahan pusat pemerintahan, otomatis akan membuat satu kita metropolitan baru. Kendati demikian, dia kembali mengingatkan tentunya dalam proses pemindahan ibu kita tidak mungkin bisa terwujud dalam waktu yang cepat ini.

Jadi dalam pemindahan ibu kota ide yang bagus untuk dibuat daerah pertumbuhan baru, namun harus diingat kembali bahwa sifat dari pemindahan ibu kota itu jangka panjang,” ucap dia ketika ditemui di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Jumat (03/05).

Proses pemindahan ibu kota, di dalamnya terdapat banyak sekali hal yang begitu penting untuk dilakukan yang membutuhkan persiapan cukup lama dan kompleks. Di antaranya adalah persiapan tata ruang, dana dan kesiapan daerah sereta hal-hal yang krusial lainnya.

“Yang begitu jelas tidak memungkin kan selesai dalam waktu 5 tahun,” pungkasnya.

Dengan begitu, dia berharap pemerintah kali ini bisa melanjutkan pada periode sebelumnya agar terjadi kontinuitas mengenai dari pemindahan ibu kota tersebut.

“Dan 5 tahun itu merupakan masa bakti presiden yang nantinya akan berjalan. Jadi harus dilakukan pertimbangan kembali jangan sapai nanti tidak ada payung hukum kuat dan nanti ganti presiden, 5 tahun lagi tidak jalan. Akibatnya akan merugikan semua orang,” paparnya.

Ia mengatakan wacana dalam melakukan pemindahan ibu kota jangan sampai gagal mengingat dana yang akan dikeluarkan juga tidak sedikit. “Jangan sampai nanti kendala ibu kota seperti itu. Jadi sangat diperlukan jaminan jangka panjang jangan sampai nanti sudah diputuskan, kedepannya tidak berjalan. Dan ini merupakan keleman kita tidak memiliki GBHN seperti dulunya. Jika dulu ada tap MPR, lembaga tertinggi negara, sekarang ini tidak ada lembaga tertinggi negara dan semua sesama lembaga tinggi. Dan ini harus menjadi faktor yang dipertimbangkan,’ katanya.