Mendekati Lebaran Harga Bahan Pokok Cabai merah Naik Senilai Rp 30.000/kg

Usaha Dagang, Bisnis – Harga pangan terutama cabai merah kembali naik sepekan sebelum Lebaran tiba. Di Kabupaten Rembang contohnya, harga cabai merah naik Rp 10.000,- dari yang sebelumnya Rp 20.000/kg kini menjadi Rp 30.000/Kg.

Dari kenaikan harga tersebut baru terjadi pada hari ini, Senin (27/05). Sementara untuk komoditas sayuran berdasarkan dari pantauan, harganya masih tetap satabil.

“Hari ini tadi baru mulai naik, untuk cabai merah. Yang biasanya Rp 20.000,- sekarang sudah Rp 30.000,-/Kg, naiknya Rp 10.000,-. Namun jika yang lain, masih tetap stabil. Jika yang hijau Rp 15.000,- yang rawit Rp 10.000,-” ucap salah satu pedagang di Pasar Kota Rembang, Ebit, Senin (27/05).

Berdasarkan dari pemantauan Bupati Rembang Abdul Hafidz bersama dengan jajaran di Pasar Kota Rembang, tidak ada penemuan yang menonjol. Termasuk dengan harga bawang putih yang di bulan April lalu sempat terjadi kenaikan harga hingga menembus Rp 80.000,-/Kg yang sekarang ini sudah stabil di Rp 40.000,-/Kg.

“Yang kita lakukan sidak ini semuanya sudah stabil semua. Hanya saja ada yang terjadi kenaikan harga. Cabai dan ayam kampung. Kami akan koordinasi secara langsung kepada pihak-pihak yang terkait agar cabai ini tidak naik begitu tinggi. Apakah ini memang pasokan yang kurang atau memang ada permainan dibawah untuk menaikkan harga,” ucap Hafidz.

Ia juga memastikan kembali pasokan maupun stok kebutuhan pangan seperti sayuran, daging dan beras di wilayah Kabupaten Rembang selama Lebaran nanti akan tetap terpenuhi.

“Pokoknya saya sangat berani menjamin stok kebutuhan pangan di Rembang akan tetap aman selama Lebaran nanti. Jika memang proses jual belinya normal ya, artinya tidak ada tindakan penimbunan dan lainnya,” katanya.