Kemendang Akan Sidak ke Pasar, Mejual Bawang Putih Rp 25.000/kg

Usaha Dagang, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendang) akan melakukan sidak ke pasar dalam menstabilkan harga pangan, khususnya bawang putih. Pada operasi tersebut, bawang putih dijual seharga Rp 25.000/kg.

Sidak pasar kali ini akan dilaksanakan pada beberapa pasar di Bandung, Jawa Barat. Kemendang diwakili oleh Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Indrasari Wisny Wardana.

Terdapat sebanyak 8 ton bawang putih digelontorkan dalam operasi pasar kali ini. Adajuga, bawang putih tersebut disebar ke Pasar Kosambi, Pasar Baru dan Pasar Astana Anya.

“Dengan melakukan sidak ini, bawang putih dijual dengan harga Rp 25.000/kg pada tingkat pedagang dan diharapkan sampai ke tingkat konsumen dijual dengan harga Rp 30.000/kg. Kemendang akan terus menggelar OP hingga harga bawang putih kembali stabil,” katanya dalam keterangan tertulis (11/05).

Sebelumnya, Kemendang sudah berkorrdinasi dengan importir bawang putih dan Pemerintah Provinsi dalam melaksanakan operasi pasar di wilayah yang mengalami kenaikan harga yang begitu signifikan.

Sampai 7 Mei 2019, sudah ada sebanyak 375,8 ton bawang putih telah digelontorkan ke DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Riau, Jami, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung , Bengkulu serta Kalimantan Timur.

Selain itu, guna mengontrol harga bawang putih pada tingkat ritel Kemendang juga ada bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) untuk menjual bawang putih dengan harga Rp 35.000 per kg di tingkat konsumen.

Bawang putih yang sudah disalurkan oleh importir di toko swalayan pada Mei dan Juni 2019 masing-masing sebanyak 500 ton.

Sebagai informasi, belakangan bawang putih mengalami kenaikan harga. Bahkan di Jambi, bawang putih sempat mencapai harga Rp 100.000 per kg.