Kemendag: Memastikan Stok Bawang Putih di Ritel Modern Hingga Aman

Usaha Dagang, Jakarta – Kementerian Perdagangan akan kembali memastikan stok bawang putih di ritel Modern hingga aman, yang dibuktikan melalui pemantauan atas ketersediaan dan harga bahan pangan, khususnya bawang putih, di Giant Ekstra CBD Bintaro, Tangerang.

“Sekarang ini, harga bawang putih sudah mulai berangsur turun dan stok bawang putih juga sudah aman tersedia di ritel modern seluruh Indonesia,” ucap Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjahya Widayanti di Tanggerang, dilansir secara langsung dari Harian Neraca, Kamis (16/05).

Tjahya juga mengatakan, Kemendag melaksanakan rapat koordinasi bersama dengan pelaku usaha serta Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) pada 8 Mei 2019. Rapat koordinasi tersebut menghasilkan kesepakatan dari harga jual bawang putih honan atau sico curah pada ritel modern sebesar Rp 35.000,-/Kg.

Sedangkan, bawang ptuih kating dijual sebesar Rp 40.000,-/kg. Upaya tersebut diharapkan bisa menekan harga bawang putih di pasar. Kemendag mengimbau untuk mempublikasikan harga pejualan bawang ptuihj Rp 35.000,-/Kg melalui spanduk di setiap gerai atau outlet punya anggota APRINDO di seluruh Indonesia, sehingga bisa diketahui masyarakat bahwa harga bawang ptuih sudah mulai turun.

Sedangkan untuk upaya stabilisasi harga di pasar rakyat, pada 6 Mei 2019 Kemendag juga sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan para pelaku usaha dan menyetujai harga bawang putih honan atau sico di tingkat konsumen sebsar Rp 32.000,-/Kg.