Terdapat 109 Titik Penukaran Uang Lebaran di Jateng

Usaha Dagang, Keuangan – Bank Indonesia di Jawa Tengah mempersiapkan uang Rp 23,3 triliun untuk menukarkan uang menjelang Idul Fitri. Penukaran uang bisa dilakukan pada 109 titik yang sudah disebarkan.

Penukarang uang secara langsung oleh Bank BI Jateng dilakukan secaracak dan hari ini berada di GOR Tri Lomba Juang Semarang. Warga pun sangat antusias dalam melakukan penukaran uang baru tersebut.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jawa Tengah Soekowardojo sangat antusias dalam penukaran uang kartal tahun ini diperkirakan naik menjadi 10 persen. Sehingga uang kartal yang disediakan pun lebih banyak dari pada tahun lalu.

“Pada penyiapan uang kartal tahun ini naik menjadi 7,8% dari tahun lalu. Tahun ini dipersiapokan sekitar Rp 23,3 triliun, dan tahun lalu Rp 20,4 triliun. Sedangkan untuk Semarang kita mempersiapkan sekitar Rp 10,3 triliuun,” ucap Seokowardojo, Senin (20/05).

Dari pengalaman melayani penukarang uang yang telah menjadi tradisi setiap tahun ternyata pecahan Rp 20 ribu yang sangat banyak dicari. Ia juga menyampaikan penukaran dibatasi maksimal Rp 3,8 juta per-KTP pada 109 titik penukarang yang sudah disiapkan.

“Biar tidak ada pemborongan, setiap penukaran juga akan dijatah, dengan syarat per-KTP mendapatkan Rp 3,8 juta,” ucapnya.

Untuk bisa mengetahui, penukaran uang baru menjadi tradisi menjelang Idul Fitri di Indonesia. BI juga menyampaikan agar masyarakat melakukan penukaran pada titik tukar termasuk pada bank cabang utama di Kota masing-masing agar terhindar dari penipuan.

“Lebih baik jika ke perbankan saja yang pastinya akan lebih aman,” terangnya.

Dalam melakukan penukaran uang di GOR Tri Lomba Juang akan dibuka hingga tanggal 23 Mei 2019. Selain itu hari ini juga berada di Pasar Bangetayu dan Pasar Genuk Semarang.