Bagaimana Peredaran Uang Palsu, Menjelang Lebaran

Usaha Dagang, Dunia – Bank Indonesia menyampaikan bahwa rasio peredaran uang palsu hingga akhir April masih belum tinggi. Pendapat Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi begitu susah untuk memalsukan uang.

Rosmaya manyampaikan rasio peredaran yang palsu terhadap yang asli. Pendapatnya, dari satu juta lembar yang yang sudah beredar, 4 di antaranya merupakan uang palsu.

“Begitu susah sekali untuk memalsukan. Sampai April ini rasio uang palsu masih rendah. Dari satu juta lembar, hanya ada 4 lembar, jadi rasio 4 dalam setaip satu juta lembar,” ucap Rosmaya di KM57, Rabu (29/05).

Dari pandangan Rosmaya edukasi yang digalakkan pemerintah selama ini dilihat berhasil. Pendapatnya masyarakat telah banyak melakukan laporan mengenai hasil uang palsu sehingga bisa dilakukan penindakan.

“Itu pun saya begitu bersyukur karena edukasinya berhasil, sehingga laporan mengenai uang palsu begitu bayak sekali datang dari masyarakat,” ucap Rosmaya.

Rosmaya juga mengatakna bahwa BI berkoordinasi secara langsung kepada pihak kepolisian dan perbankan dalam memantau peredaran uang. Dia mengimbau jika masyarakat ada yang menemukan uang palsu langsung saja untuk lapor polisi.

“BI juga telah berkoordinasi dengan kepolisian dan perbankan, jadi jika ada masyarakat ketka ada yang memberikan kemudian tahu uang tersebut palsu, langsung saja laporkan ke polisi,” ucap Rosmaya.