Awas Tertipu Dengan Aplikasi Peminjaman Online, Ini 5 Caranya

Usaha Dagang, Jakarta – Tentunya semua orang penasaran dengan namanya aplikasi Peminjaman Online yang belakangan ini semakin banyak sekali, dan tertarik untuk bisa mencobanya? Jangan sampai asal melakukan pinjaman tanpa penh pertimbangan terlebih dahulu jika tidak ingin mengalami kesulitan nantinya.

Inilah beberapa tips dan masukan yang harus anda ikuti ketika ingin mencoba melakukan pinjaman secara online :

Menetapkan Nominal Pinjaman

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat pinjaman online yaitu dengan mengetahui terlebih dahulu seberapa banyak uang yang akan anda pinjam. Nominal uang yang dipinjam sebaiknya sesuai dengan kebutuhan.

Sekali lagi, harus di ingat, kebutuhan berbeda dengan keinginan. Dimana melakukan peminjaman uang dalam memenuhi keinginan hanya akan membuat anda semakin terjerat dengan utang nantinya. Apalagi ketika anda mencoba untuk melakukan pinjaman, bukan hanya dana yang dipinjam yang harus anda kembalikan, namun bunga nya juga.

Semakin tinggi nominal pinjaman, tentunya semakin banyak bunga yang harus dibayar. Untuk bisa memastikan cicilan Anda sesuai dengan kemampuan, pastikan nominal pinjaman tidak melebihi dari 30% pendapatan.

Melakukan Perbandingan

Sekarang ini, terdapat banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk peminjaman uang secara online. Ada yang legal dan ada juga yang tidak. Setiap aplikasi juga mempunyai fitur dan layanan sendiri yang lebih menguntungkan bagi si penggunanya.

Dalam memilih mana yang lebih baik, pastikan anda melakukan perbandingan terlebih dahulu sebelum melakukan peminjaman. Baik dari segi besarsan bunga, lamanya tenor, hingga ulasan yang diberikan oleh pengguna lainnya terhadap aplikasi tersebut.

Agar terlihat lebih mudah, rekomendasi peminjaman online terbaik dari sekian banyaknya aplikasi kredit online yaitu Kredivo yang memang sudah banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasa, namun ini disebabkan karena bunganya yang terendah di pasaran, yaitu hanya sebesar 2,95% per bulan. Tenornya hingga 12 bulan, dan limitnya juga sudah mencapai Rp 30 juta.

Memilih yang Legal

Legalitas jasa kredit online merupakan hal yang begitu penting sebab anda akan mengajukan peminjaman online. Sebuah jasa kredit online yang lebih jelas legalitasnya akan membuat anda semakin nyaman untuk menggunakannya.

Ya, di luaran sana terdapat banyak sekali aplikasi kredit online yang ilegal. Hingga tahun ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga resmi yang mengawasi kredit online di Indonesia, telah menutup lebih dari 90 aplikasi abal-abal dan merilis kembali daftar aplikasi yang cukup aman. Kredivo merupakan salah satu yang terdaftar, sehingga keamanannya sudah begitu terjamin.

Daftar pada aplikasi OJK ini dapat anda jadikan acuan ketika hendak memilih aplikasi kredit online. Dalam melihat jasa peminjaman online yang lebih aman, anda harus bisa menghubungi OJK pada nomor layanan konsumen yang dimilikinya, atau melihat sendiri pada situs-nya mengenai daftar situs dan aplikasi peminjaman dana yang terbaik pula.

Membuat Simulasi Peminjaman Dahulu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda perlu melakukan perbandingan aplikasi pinjaman online terbaik sebelum menentukan yang mana hendak anda gunakan. Setelah anda menentukan pilihan yang tepat, lakukan simulasi cicilan dan sesuaikan dengan penghasilan serta pengeluaran bulanan anda.

Ketika anda akan mencoba melakukan pengajuan pinjaman online, hal yang paling penting dilakukan adalah dengan melihat keuangan anda. Estiminasikan kebutuhan bulanana dan bandingkan dengan penghasilan anda. Jangan lupa juga untuk membuat pos-pos pengeluaran, salah satunya dalam membayaar cicilina pinjaman.

Selalu Membayar Cicilan Tepat Waktu

Dengan membayar cicilan tepat waktu adalah salah satu hal yang begitu penting untuk dilakukan. Jika Anda membayar cicilan tepat waktu, maka anda tidak perlu lagi membayar denda-nya, dan pihak pemberi pinjaman pun tidak perlu mengejar-ngejar anda takala tidak kunjung membayar untang.

Memastikan Aplikasi Kredit Online dapat Menjaga Privasi Nasabah

Terdapat banyak sekali kejadian di mana sebuah perusahaan yang memberikan pinjaman menghubungi nasabah, bahkan meneror orang-orang yang terdapat pada kontak HP nasabah. Biasanya, aplikasi seperti itu adalah aplikasi kredit online ilegal.

Sebelumnya anda sudah mengajukan pinjaman, pastikan jasa kredit online yang anda gunakan merupakan yang profesional dan bukan abal-abal. Dengan begitu, privasi nasabah terjaga, dan data pribadi anda juga tidak digunakan dengan sembarangan.